Rizky Dimas Prasetyo, Siswa SMPN 3 Darangdan; si Dalang Cilik Jadi Juara Borangan se-Jawa Barat

Jumat, 17 Nov 2023 | 16:33:26 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1207


Rizky Dimas Prasetyo, Siswa SMPN 3 Darangdan; si Dalang Cilik Jadi Juara Borangan se-Jawa Barat
   

Purwakarta, (17/11/2023) – SMP Negeri 3 Darangdan baru saja menambah lagi koleksi piala yang didapat salah satu siswanya dengan menjuarai salah satu lomba pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Adalah Rizky Dimas Prasetyo, siswa kelas 8 yang berhasil meraih Juara 2 Lomba Borangan FTBI Tingkat Jawa Barat 2023. Rizky berhasil bersaing dengan 33 peserta lomba tersebut. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Keberhasilan Rizky tentunya tidak hanya karena kerja keras dirinya semata tetapi juga karena peran orang tua, pihak sekolah, pelatih serta panitia tingkat kabupaten yang terusa mengasah kemampuan dan memberikan support kepada Rizky.

Menurut Rizky, untuk mengikuti lomba FTBI tingkat propinsi membuatnya lebih fokus saat latihan yang dilakukan tidak hanya saat Training Center (TC) yang berlangsung selama 3 hari tetapi juga di rumah maupun di sekolah.

Pada lomba tersebut, Rizky memilih tema cerita tentang kisah seorang anak yang dipaksa oleh ayahnya untuk belajar mendalang Wayang Golek. Pemilihan tema tersebut berdasarkan saran dan masukan dari Kepala Sekolah SMPN 3 Darangdan, Agus Mulyana, S.Pd, M.Pd yang juga seorang penggiat Sastra Sunda di Purwakarta.

Pemilihan tema tersebut sesuai dengan bakat lain yang Rizky miliki yaitu sebagai Dalang cilik. Bedanya Rizky tidak dipaksa tetapi justru menyukai dunia pedalangan wayang Golek. Bagi Rizky menjadi Dalang adalah impiannya sehingga mau belajar otodidak dalam mendalami impiannya tersebut. Bahkan Rizky mengibaratkan bahwa ketika dia memainkan perannya sebagai dalang dan memainkan wayang golek, baginya penonton melihat wayang bukan lagi sebagai kayu berbentuk tetapi seperti kehidupan.

Menurut wakil kepala sekolah (Wakasek) bidang kesiswaan SMPN 3 Darangdan, Puri Nuraini, S.Pd yang mewakili kepala sekolah mengatakan bahwa SMPN 3 Darangdan tentunya sangat bangga dan bahagia atas keberhasilan salah satu siswanya yang bisa meraih prestasi di tingkat propinsi.

“Kedepannya ketika ada lomba atau kegiatan lainnya bisa lebih meningkat lagi. SMPN 3 Darangdan setiap menghadapi lomba atau kegiatan kesiswaan, semua personil sudah siap baik guru maupun siswanya. Kerjasama yang bisa membuahkan hasil membanggakan yang didapatkan peserta didik” demikian ucap Puri. (MH/Red)



Jumat, 17 Nov 2023, 16:33:26 WIB Oleh : Mira Habibah 466 View
Cegah Bullying!, Sekdisdik: Jangan Sekolah Hanya Diibaratkan, Bengkel!
Kamis, 16 Nov 2023, 16:33:26 WIB Oleh : Mira Habibah 1419 View
Paskibra SMPN 1 Pondoksalam Raih Piala Bergilir Menpora Lomba LBB se-Pulau Jawa
Kamis, 16 Nov 2023, 16:33:26 WIB Oleh : Mira Habibah 474 View
Laboratorium P5 SDN 2 Nagri Tengah : Solusi Pembelajaran Karakter ditengah Minimnya Lahan Tanah

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE