Resmi! PGRI Purwakarta Miliki Gedung Bale Diklat Guru Tritangtu

Senin, 01 Jan 2024 | 12:41:45 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 392


Resmi! PGRI Purwakarta Miliki Gedung Bale Diklat Guru Tritangtu
   

Purwakarta, (27/12/2023) – Purwanto selaku Ketua PGRI Kabupaten Purwakarta pada hari Rabu, 27 Desember 2023 meresmikan Gedung Bale Diklat Guru Tritangtu PGRI Kabupaten Purwakarta yang beralamat di Jalan Purnayudha Sadang Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.

Gedung yang memiliki luas 1600 meter persegi dulu terbengkalai kemudian selama tiga tahun dan bertahap di renovasi sehingga bisa difungsikan. Bale ini memiliki beberapa bangunan seperti mushola, aula, ruang sekretariat, rumah, MCK, lapangan parkir dan lapangan upacara. Biaya renovasi berasal dari sumbangan swadaya guru-guru se-Kabupaten Purwakarta.

Purwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa bale diklat ini nantinya bisa dipakai oleh bapak dan ibu guru serta pengurus PGRI untuk menyalurkan ide -ide dan proses kreatifnya. Selain itu sebagai tempat bagi pengurus maupun anggota PGRI untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai tenaga pendidik baik itu pelatihan atau diklat.

Bale Diklat Guru dinamakan Tritangtu karena memiliki Makna tiga hal yang menentukan dalam kehidupan sebagai seorang muslim yakni Iman, Islam dan Ihsan sebagai jalan kehidupan berislam yang hanif dan Kaffah. Tritangtu juga bisa dimaknai ada tiga hal yang akan menentukan kemajuan masyarakat kita di Purwakarta, Jawa Barat dan Indonesia jika kita mampu mengharmonikan tiga hal yakni Kesundaan, Keindonesiaan dan Keislaman dalam kehidupan.

Tritangtu juga bisa dimaknai ada tiga entitas yang bisa menentukan kemajuan hidup berbangsa dan bernegara jika tiga peran dalam trias politika suku sunda ini  bisa bersinergi dengan baik yakni Rama Resi dan Prabu. Rama adalah  tokoh  atau pemuka  masyarakat, Resi adalah para ulama/ilmuwan  tokoh cerdik cendikia perumus kebijakan dan kebajikan dan Prabu adalah para pemimpin atau penguasa yang terhubung secara egaliter non hierarki dengan resi dan rama.

“Tiga hal yang menentukan keberhasilan seorang guru dalam mendidik  peserta didiknya jika berpegang pada  tiga hal yakni Kodrat diri, kodrat alam dan kodrat jaman dari peserta didik sebagaimana falsafah Ki Hajar Dewantara maka akan menentukan kehidupan kita terutama meningkatan kapasitas mendidik anak-anak kita” demikian ungkap Purwanto”



Rabu, 27 Des 2023, 12:41:45 WIB Oleh : Mira Habibah 1782 View
Purwanto Lantik Pengurus Satgas PGRI Kabupaten Purwakarta
Senin, 25 Des 2023, 12:41:45 WIB Oleh : Mira Habibah 1203 View
Purwanto : Libur Sekolah Orang Tua Wajib Dampingi Anak !
Jumat, 22 Des 2023, 12:41:45 WIB Oleh : Mira Habibah 668 View
Menjelang Akhir Tahun, Disdik Purwakarta Terima Kunjungan Disdik Sumedang

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE