Rebo Maneuh di Sunda : Kaulinan Barudak Lembur

Rabu, 01 Feb 2023 | 15:49:52 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 1477


Rebo Maneuh di Sunda : Kaulinan Barudak Lembur
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Implementasi 7 Poe Atikan Istimewa di Sekolah Ekologi di-insersikan dalam kegiatan pembelajaran di  SMPN 10 Purwakarta. Diantaranya, terintegrasi dengan kurikulum merdeka belajar melalui olahraga tradisional  dalam skema tematik ‘Rebo Maneuh di Sunda’.

Hal demikian terlihat saat pembelajaran olahraga berlangsung di halaman sekolah, Rabu (01/02). Beragam permainan tradisional dikenalkan sebagai salah satu pembelajaran olahraga yang ada di sekolah, diantaranya Hulahup, Egrang, Bakiak dan sapintrong. 


Ditemui di lokasi, guru olahraga Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta, Lia Lestari, S.Pd.M.Sc. mengatakan, permaianan tradisional ini sudah lama ada di sekitar atau daearah kita khususnya di Jawa Barat, kita mencoba melestarikan lagi melalui praktek permaianan tradisional ini. 

"Alhamdulillah dalam kurikulum merdeka permaianan tradisional dimunculkan kembali sehingga bisa melatih aktifitas jasmaninya. Mudah-mudahan guru-guru mulai terbuka dan bisa menambah referensi dari aktifitas jasmani yang ada dalam permainan tradisional dan tentu juga dapat melestarikan budaya yang telah hadir sejak lama," ungkapnya.

Ia melanjutkan, di situasi sekarang ini, anak-anak hingga hingga remaja mulai meninggalkan permaianan tardisional yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan mereka.

"Ya dalam permainan ini, anak pada prinsipnya banyak bergerak. Sangat disayangkan, permainan tradisional yang banyak manfaatnya ini tenggelam karena teknologi gadget yang lebih modern," begitu ujarnya. (NC/Red)



Selasa, 31 Jan 2023, 15:49:52 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 3662 View
Begini Layanan SKB dan PKBM : Solusi Alternatif Pendidikan Non Formal
Selasa, 31 Jan 2023, 15:49:52 WIB Oleh : Mira Habibah 1093 View
SMPN 2 Purwakarta, Komik Digital Untuk Pembelajaran Pendidikan Berkarakter
Senin, 30 Jan 2023, 15:49:52 WIB Oleh : Mira Habibah 778 View
Apel Pagi, Sekdisdik Minta SKP Sesuai Dengan yang Dikerjakan

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE