Purwanto : Tatanen di Bale Atikan Bukan Program Bertani

Senin, 18 Jan 2021 | 15:19:06 WIB - Oleh Nurdin | Dibaca 1278


Purwanto : Tatanen di Bale Atikan Bukan Program Bertani
   

Disdik.purwakartakab.go.id — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta H. Purwanto berkesempatan hadir membuka kegiatan loka karya Tatanen di Bale Atikan, Senin (18/01).

Kegiatan itu di ikuti oleh tiga warga sekolah SDN 8 Ciseureuh Kahuripan, SMPN 10 Purwakarta, SMPN 2 Pasawahan, di Aula Sanggar Hideung Bodas. 

Kadisdik Purwanto menegaskan bahwa tiga Sekolah ini ditargetkan untuk menjadi pelopor, menjadi model untuk menerapkan model pembelajaran Tatanen di Bale Atikan.

“Program tatanen di bale atikan bukan gerakan bertani disekolah, bukan menghijaukan sekolah. Lebih dari itu, kita melakukan gerakan mendidik anak-anak untuk menyadari lingkungan, Kesadaran Lingkungan. Kemudian, kita juga belajar menangkap masalah, kemudian mencari teori dan menyelesaikan nya dengan solusi, belajar dari pengalaman praktik yang kemudian menjadi pembelajar,” runutnya.

Tatanen di bale atikan merupakan gerakan pendidikan yang bertujuan menyadarkan dan mengembangkan potensi diri peserta didik yang memiliki kesadaran diri dan lingkungan. Membangun generasi yang memahami masalah lingkungan di sekitarnya serta mencari solusi pemecahannya. Ucapnya 

Lebih lanjut, masih dalam kaitannya dengan program tatanen di bale atikan, Kadisdik Purwanto berharap peserta didik di purwakarta produktif dan sanggup memiliki produk.

“Semua warga sekolah harus faham mulai dari penjaga sekolah hingga kepala sekolahnya, kemudian nanti mampu sosialisasikan kepada orang tua.  Gerakan ini harus menjadi kesadaran kolektif semua orang yang ada di sekolah,” katanya.

Tidak ketinggalan, dia menghimbau agar Sekolah di purwakarta memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing. 

“Setiap sekolah harus mengedepankan  prilaku baik, memiliki value, berkebudayaan lingkungan, Dunia ini adalah ruang kelas kita untuk belajar dan menjadi pembelajar. Semoga dengan kegiatan ini bapak-ibu semuanya dapat memetik ilmu pengetahuan, Pulang dengan pengetahuan dan keterampilan yang menjadi amal soleh jika ilmu itu disebarluaskan di sekolah dirumah dan tetangga. Anak anak kita belajar mempunyai makna dan prodak masing-masing,” demikian pesannya. (NC/Red)



Senin, 18 Jan 2021, 15:19:06 WIB Oleh : Nurdin 12 View
Purwanto : Tatanen di Bale Atikan Bukan Program Bertani
Jumat, 15 Jan 2021, 15:19:06 WIB Oleh : Nurdin 1359 View
KADISDIK PIMPIN RAKOR SOSIALISASI KLINIK BDR
Sabtu, 09 Jan 2021, 15:19:06 WIB Oleh : Nurdin 1801 View
Disdik Purwakarta Buka Klinik Belajar Dari Rumah (BDR)

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE