Perayaan Hari Batik Nasional, Sejarah dan Artinya

Senin, 02 Okt 2023 | 18:26:21 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 2686


Perayaan Hari Batik Nasional, Sejarah dan Artinya
   

Tanggal 2 Oktober merupakan hal yang istimewa bagi Bangsa Indonesia dimana pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional bahkan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) juga menetapkan 2 Oktober menjadi hari batik Dunia. Batik menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia, ribuan Corak batik tercipta dari tangan-tangan lentik warga dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada Tanggal tersebut menjadi hari special untuk semua masyarakat Indonesia mereeka dengan bangga menggunakan Batik sebagai wujud nasionalisme bangsa Indonesia. Tak ingin tertinggal pada hari ini seluruh  Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta maupun Staf menggunakan batik Nasional dalam kegiatan apel pagi tanggal 2 oktober 2023.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd mengatakan bahwa Batik adalah kekayaan nasional yang tidak hanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga sebagai kekayaan nasional yang harus kita jaga dan kita lestarikan.

Batik adalah warisan budaya yang telah mewakili Identitas bangsa Indonesia di mata dunia. Dikutip dari berbagai sumber dan para ahli, Batik adalah kain bergambar khas Indonesia yang pembuatannya secara khusus dengan menerakan malam atau lilin yang pengolahannya diproses dengan cara tertentu. Batik mempunyai motif beragam serta mengandung makna dan filosofi adat istiadat, alam maupun kehidupan. Motif batik juga biasanya membawa harapan atau makna bagi orang yang mengenakannya. 

Karakteristik batik terbagi menjadi dua yaitu batik modern dan batik tradisional. Sedangkan untuk jenisnya ada batik tulis, batik cap, batik cetak dan kombinasi batik cap dan batik tulis. 

Perlu juga diketahui bagaimana Sejarah Hari Batik bisa ditetapkan pada tanggal 2 Oktober 2023,Di kutip dari laman Kemendikbud bahwa penetapan hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober berawal saat Batik masuk dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak-benda oleh UNESCO yaitu badan PBB yang membidani pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada tanggal 4 September 2008 dan pengajuannya diterima pada tanggal 9 Januari 2009. kemudian pada sidang ke-empat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan Batik sebagai Warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya tak benda. Dan untuk mengenang moment tersebut, kemudian pemerintah menerbitkan Kepress No. 33 Tahun 2009 yang menetapkan 2 Oktober sebagai hari Batik Nasional. 

Tema hari Batik Nasional tahun 2023 adalah Batik Bangkit yang memiliki makna harapan dapat membangkitkan kembali industri batik dari masa pandemi yang sempat terpuruk. (MH/Red.)



Senin, 02 Okt 2023, 18:26:21 WIB Oleh : Mira Habibah 58486 View
Mengenal Lebih Dalam Tentang Bullying, Faktor Penyebab, Bahaya dan Cara Pencegahannya
Senin, 02 Okt 2023, 18:26:21 WIB Oleh : Mira Habibah 517 View
Apel Spesial di Hari Batik Nasional
Senin, 25 Sep 2023, 18:26:21 WIB Oleh : Mira Habibah 650 View
SDN 1 Citalang: Guru dan Kepala Sekolah Ikut Membawa Bekal Makanan

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE