Pengusapan Anak Yatim SMPN 3 Purwakarta, Wujud Toleransi di Bulan Ramadhan

Kamis, 13 Apr 2023 | 14:04:44 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1149


Pengusapan Anak Yatim SMPN 3 Purwakarta, Wujud Toleransi di Bulan Ramadhan
   

Kamis, (13/4/2023) SMPN 3 Purwakarta mengadakan Kegiatan Pengusapan Anak Yatim dalam rangka berbagi keberkahan di bulan Ramadhan dan juga meningkatkan toleransi diantara peserta didik. Kegiatan ini digagas oleh Pengurus OSIS SMPN 3 Purwakarta dan didukung oleh Pembina OSIS dan seluruh guru.

Kegiatan ini juga sesuai harapan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yaitu Harmoni seisi bumi, mengharmonisasikan seluruh peserta didik dan guru untuk berbagi infak sodaqoh di bulan yang suci ini dengan sahabat-sahabat maupun peserta didik yatim dan yatim piatu.

Nilai yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kepedulian sosial sesama umat manusia, saling memuliakan, saling membantu dalam kebaikan dan untuk meningkatkan kepedulian serta keimanan anak-anak didik  sehingga menjadi orang-orang yang beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah.

Menurut Ketua Pelaksana, Irwanda Alhas, S.Ag mengatakan bahwa kepedulian di bulan Ramadhan semoga dapat meningkatkan kebersamaan di hari raya. Selain itu untuk meningkatkan kapasitas diri menjadi matang dalam kehidupan sosial dan meningkatkan Hablum Minannas agar terpatri jiwa yang saling memuliakan.

Sedangkan menurut salah satu penerima, santunan ini menyadarkannya bahwa hidup ini tidaklah sendiri karena masih banyak teman yang baik dan peduli terhadap sesama termasuk teman yang sudah yatim maupun yatim piatu.

Muhamad Husni, Kepala SMPN 3 Purwakarta menyebutkan bahwa kegiatan pengusapan anak yatim ini sebagai wujud toleransi antar sesama agama maupun yang berbeda agama, suku dan juga adat istiadat. Karena santunan ini diberikan juga oleh peserta didik yang non muslim. Selain itu kegiatan ini sebagai sarana dimana anak bisa berakselerasi, bisa meningkatkan kualitas sosisalnya untuk terus membantu teman-temannya dalam kebersamaan. Ini merupakan pengamalan dari Profil Pelajar Pancasila.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menaikkan level peserta didik ke arah yang lebih baik terutama dalam hal-hal kebaikan dalam manfaat yang lebih besar. Sekolah sangat mendukung kegiatan ini dan berharap peserta didik SMPN 3 Purwakarta meningkatkan iman dan takwanya sehingga banyak menabur kebaikan tidak hanya di bulan yang penuh berkah ini namun juga di kehidupan sehari-harinya" demikian tutur Muhamad Husni. 

Santunan yang didapat  sebanyak 15 juta rupiah dan dibagikan kepada 200 siswa. Selain uang tunai, siswa juga mendapat minuman dan juga sembako. (MH/Red.)



Rabu, 12 Apr 2023, 14:04:44 WIB Oleh : Mira Habibah 1121 View
Gudep SDN 4 Nagri Kidul Bagikan Rantang Cinta Pramuka
Rabu, 12 Apr 2023, 14:04:44 WIB Oleh : Mira Habibah 620 View
PGRI Kabupaten Purwakarta Peduli Bencana Puting Beliung di Kecamatan Bojong

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE