Pegawai Pembelajar : Olah Sampah Jadi Produk Ekonomis

Senin, 25 Jan 2021 | 13:37:22 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 120


Pegawai Pembelajar : Olah Sampah Jadi Produk Ekonomis
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto terus melanjutkan kampanyenya terkait kesadaran ekologi. Belakangan, Sabtu-Minggu (23-24/01) kemarin, ia memfasilitasi pelatihan agroekologi di kediamannya, Jl. Barokah – Kel. Munjul Jaya. 

Pelatihan ini diikuti oleh petugas kebersihan, petugas piket malam dan staf pelaksana Dinas Pendidikan. Sedangkan narasumber kegiatan adalah Mochamad Irfan Evrizal (Konsultan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta - CEO Self Learning Institute). 

Dari amatan langsung di lokasi, para peserta dibekali wawasan dan kemampuan praktis terkait sejumlah hal, mulai dari Bio Char, Pengolahan Media Tanam, Penyemaian, Stek Tanaman, Pindah tanam, composting, Pupuk organic cair, Nutrisi alami, Eco Enzyme. Materi-materi tersebut diharapkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ditemui langsung di lokasi, Kadisdik Purwanto mengatakan bahwa dalam kegiatan ini para peserta diberikan pemahaman dan wawasan tentang kesadaran lingkungan. Materi dan praktik yang disampaikan kepada para peserta, lanjutnya, mulai dari kode etik dan prinship permakultur, pembenahan dan pemulihan tanah, air dan pengolahan limbah, pengenalan tanaman pangan, Kawasan rumah pangan lestari, pemetaan dan design kebun, pengendalian hama, strategi penanaman dan panen.

“Harapannya adalah para peserta mampu menerapkan konsep, falsafah serta cara berpikir masyarakat Sunda buhun dengan istilah Tri Tangtu mulai dari Tata Wilayah (menata lingkungan), tata Lampah (menata hubungan satu dengan yang lainnya atau hubungan sosial), kemudian Tata Wayah (menata waktu atau Target capaian yang berhubungan dengan waktu). Alhamdulilah, dari dua hari kegiatan, para peserta telah menghasilkan produk sebanyak 70 liter dalam 7 tong Eco Enzyme, 3 tong komposter, 4 ember Pupuk Organik Cair (POC), 250 liter Bio Compound, dan sebanyak 1 kubik media tanam,” demikian ungkapnya. (NC/Red).



Kamis, 21 Jan 2021, 13:37:22 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 249 View
Kadisdik Purwanto : Tatanen Di Bale Atikan Adalah Upaya Melengkapi Kekosongan Pendidikan
Rabu, 20 Jan 2021, 13:37:22 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 370 View
BUPATI PURWAKARTA RESMI LUNCURKAN PROGRAM TATANEN DI BALE ATIKAN
Rabu, 20 Jan 2021, 13:37:22 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 469 View
Tatanen di Bale Atikan: Allah Menciptakan Segala Sesuatu Baik Adanya

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE