Paskibra SMPN 1 Pondoksalam Raih Piala Bergilir Menpora Lomba LBB se-Pulau Jawa

Kamis, 16 Nov 2023 | 15:08:54 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1419


Paskibra SMPN 1 Pondoksalam Raih Piala Bergilir Menpora Lomba LBB se-Pulau Jawa
   

Purwakarta, (16/11/2023) – Peserta didik Kabupaten Purwakarta terus menorehkan prestasi membanggakan baik itu membawa nama sekolahnya maupun Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

Belum lama ini, Paskibra SMPN 1 Pondoksalam Purwakarta berhasil menjadi Juara Umum sekaligus mendapatkan Piala Bergilir Menpora pada Lomba LBB SMP/MTs dan SMA/SMK se-derajat se-Pulau Jawa yang diadakan oleh Paskibra Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bekasi. Lomba bertajuk Gerak Ektra dan Variasi Indah (Garasi XII)

Perlombaan yang dilaksanakan di hari Sabtu, 11 November 2023 Paskibra SMPN 1 Pondoksalam dengan nama Tim Sabaru (Satria Bambu Runcing) bersaing dengan 33 peserta kategori SMP dari beberapa daerah di Pulau Jawa. Dan pada perlombaan tersebut berhasil meraih beberapa juara sehingga berhak meraih juara umum dan mendapatkan piala bergilir dari Menpora RI.

Menurut Pembina Paskibra SMPN 1, Andi Komarullah, S.Pd pada kejuaraan tersebut Tim Sabaru mengirimkan 2 Tim yaitu tim Senior dan Junior yang keduanya meraih prestasi. Moment kejuaraan ini sekaligus menjadi awal kembalinya ekskul Paskibra di sekolahnya yang dibentuk sejak tahun 2007 dan sempat mati suri karena Covid.

Sedangkan menurut Muhamad Farhan, Pelatih Paskibra para anggotanya berlatih dua kali seminggu namun untuk lomba latihannya lebih intens lagi dengan menambah sesi latihan yang biasa dilakukan sepulang sekolah. Sedangkan menurut salah satu anggota Tim Paskibra, Muhamad Salim Abimanyu mengatakan bahwa dirinya sangat senang bergabung di ekskul Paskibra karena membuatnya lebih disiplin terlebih lagi saat mengikuti lomba karena selain memenangkan kejuaraan juga karena bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai daerah.

Kepala SMPN 1 Pondoksalam, Fibriana Kusumah, S.E sangat bangga atas capaian prestasi yang diraih peserta didiknya setelah sekian lama vakum karena Covid yang membuat kualits berkurang jauh dan berimbas dengan karakter peserta didik

“Harapan saya nantinya peserta didik yang mengikuti Paskibra bisa menjadi model bagi teman-temannya termasuk pengamalan P5 karena pada ekskul ini ditanamkan jiwa nasionalisme dan patriotism serta kedisiplinan yang bisa menjadi virus kebaikan yang ditularkan kepada teman-temannya dan membawa dampak besar” ungkap Fibriana.

Kedepannya, Fibriana berharap tiap kelas mempunyai perwakilan yang tergabung pada ekskul Paskibra dan bisa menjadi perwakilan kelas untuk menjadi model kedisiplinan serta akan bertugas menjadi petugas upacara.

“Mereka perwakilan kelas nantinya tidak hanya akan mengikuti lomba tetapi akan menjadi model pembentukan karakter siswa di sekolah” demikian ucap Fibriana.

Berikut daftar prestasi yang diraih oleh Tim Paskibra Sabaru SMPN 1 Pondoksalam pada Kejuaraan Gerak Ekstra dan Variasi Indah (Garasi XII)

  1. Juara Potensial 1
  2. Juara Danton Terbaik 1
  3. Juara PBB Terbaik 1
  4. Juara Variasi Formasi 2
  5. Juara Utama 1
  6. Juara Umum

 

(MH/Red)



Kamis, 16 Nov 2023, 15:08:54 WIB Oleh : Mira Habibah 474 View
Laboratorium P5 SDN 2 Nagri Tengah : Solusi Pembelajaran Karakter ditengah Minimnya Lahan Tanah
Kamis, 16 Nov 2023, 15:08:54 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 462 View
KEMIS NYANDING WAWANGI SMPN 5 PURWAKARTA
Kamis, 16 Nov 2023, 15:08:54 WIB Oleh : Mira Habibah 1271 View
Kontingen Purwakarta Raih Juara pada Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Propinsi Tahun 2023

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE