OPTIMALISASI PERANAN HUMAS SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Sabtu, 29 Agu 2020 | 09:31:13 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 325


OPTIMALISASI PERANAN HUMAS SEKOLAH   DI MASA PANDEMI COVID-19
   


Oleh :  Isep Suprapto (SMPN 2 Plered  Kabupaten Purwakarta)

Semakin berkembangnya manajemen berbasis sekolah yang selalu mengalami perubahan dan padatnya kegiatan kepemimpinan di sekolah, maka semakin banyak pula masalah yang perlu penanganan yang perlu melibatkan warga sekolah, baik guru, orang tua, karyawan, siswa mapun pemerintah setempat. Semua yang terlibat di suatu unit sekolah harus sama-sama menyadari perlunya berbagai terobosan yang positif agar mampu meningkatkan nilai jual sekolah, meningkatnya kepercayaan masyarakat dan semakin kondusifnya kegiatan belajar mengajar sehingga akan menghasilkan lulusan yang baik dan berkarakter. Dalam hal ini peranan wakil kepala sekolah bidang humas sebagai perantara hubungan dengan masyarakat tidak mungkin dapat bekerja sendiri tanpa ada kerja sama dengan berbagai pihak. Humas menjadi unsur penyambung komunikasi dengan berbagai pihak dan berbagai kegiatan informas-informasi yang berhubungan dengan kinerja guru, pembuatan perangkat guru, dengan orang tua siswa, dengan dinas instansi  dan berbagai permasalahan yang dengan tepat bersama kepala sekolah.
 
Sejak wabah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global dan BNPB menetapkan status darurat nasional,hal tersebut menjadikan pembelajaran klasikal menjadi non-klasikal atau dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring. Hampir semua negara di dunia menghadapai ancaman virus yang sangat mengancam keberlangsungan hidup manusia saat ini. Kondisi ini membuat semua sektor tatanan kehidupan masyarakat suatu bangsa menjadi tidak menentu akibat penularan virus yang sangat cepat, tak terkecuali dunia pendidikan hampir seluruh sekolah-sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA tidak bisa menjalankan pembelajarannya di dalam ruang kelas. Berbagai metode pembelajaran ditawarkan agar proses pembelajaran bisa tetap berjalan ditengah wabah yang menjangkit ini, hingga saaat ini belum ada metode yang memadai dalam menjalankan aktifitas pembelajaran yang efektif, efisien untuk keberlangsungan pendidikan yang berkualitas di tengah wabah covid-19. Pandemi Covid-19 membawa dampak bagi dunia pendidikan diantaranya : (1). Mempercepat transformasi pendidikan artinya pandemi Covid-19 yang datang tak diundang, menyebabkan penutupan sekolah-sekolah dalam upaya menghentikan pergerakkan pandemi. Sebagai gantinya, pemerintah telah memberlakukan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Sistem PJJ yang berbasis teknologi tentu mengharuskan lembaga pendidikan, guru, siswa bahkan orang tua agar cakap teknologi. Hal ini memicu percepatan transformasi teknologi pendidikan di negeri ini. (2). Lahirnya kolaborasi orang tua dan guru selama masa pandemi ini, peserta didik tentu akan menghabiskan waktu belajar di rumah.                Di mana ini menuntut adanya kolaborasi yang inovatif antara orang tua dan guru sehingga peserta didik tetap bisa menjalani belajar online dengan efektif. Selain itu, kolaborasi yang inovatif dapat mengatasi berbagai keluhan selama menjalani belajar daring. Ini akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan baik di masa kini maupun masa mendatang. 
Dalam kegiatan PJJ dan BDR yang  berlangsung saat ini perananan humas sekolah sangat penting di bidang pelayanan informasi resmi dan kehumasan sekolah, artinya humas sekolah memiliki tugas untuk mendiseminasikan informasi positif. Dibutuhkan aplikasi yang mudah di akses  para siswa dan orang tua serta lembaga  kerjasama semisal aplikasi Whatsapp (WA) yang amat sering digunakan orang di kalangan siswa dan orang tua siswa. Melalui aplikasi Whatsapp ini para  siswa dan orang tua siswa dapat mudah mengakses berbagai macam informasi mengenai PJJ dan BDR serta informasi resmi seputar pencegahan  COVID-19 di samping dapat menghindarkan dari berita hoaks yang mungkin “beredar” di kalangan siswa dan orang tua siswa. Komunikasi sekolah yang kuat akan menciptakan adanya perasaan saling membutuhkan dan saling mengisi dalam memerangi pandemi  Covid-19. Dengan komunikasi ini masing-masing akan menjalankan fungsinya dengan baik dalam kerangka pemahaman yang sama melawan wabah berbahaya ini. Yang pada akhirnya akan terjadi saling memahami dan memercayai diantara semuanya. Sekali lagi optimalisasi peranan humas sekolah  di masa pandemi Covid-19 sangat  penting dan diperlukan, semoga semua sekolah bisa mengoptimalkan peranan humasnya saat ini. 


Dari berbagai sumber



Kamis, 30 Jul 2020, 09:31:13 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 388 View
SPIRITKAN MAKNA QURBAN PADA SISWA SEJAK DINI
Minggu, 26 Jul 2020, 09:31:13 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 343 View
ANAK DAN KASIH SAYANG
Sabtu, 04 Jul 2020, 09:31:13 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 889 View
Aplikasi Zoom, Pentingkah Buat Guru?

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE