Aplikasi Zoom, Pentingkah Buat Guru?

Sabtu, 04 Jul 2020 | 09:23:20 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2478


Aplikasi Zoom, Pentingkah Buat Guru?
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Suka atau tidak suka, cepat atau lambat suatu hari “mungkin” para guru akan membutuhkan aplikasi Zoom Cloud Meeting, sebuah aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk media komunikasi jarak jauh dengan fitur berupa konferensi video, rapat online, hingga chating. Dengan bantuan software ini, memungkinkan kita untuk mengadakan pertemuan tanpa harus berada di ruangan yang sama dengan banyak orang. Aplikasi ini didirikan sejak 2011 lalu dan berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Aplikasi Zoom ini telah banyak dipakai oleh instansi perusahaan, para siswa dan guru, hingga pejabat pemerintahan untuk melangsungkan rapat online. 


Sistem bekerja di rumah yang diinstruksikan pemerintah kepada seluruh masyarakat Indonesia guna menekan penyebaran wabah Covid-19 telah menjadikan aplikasi online salahsatunya  Zoom Cloud Meeting kini banyak dicari masyarakat diantaranya oleh para guru. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya bertatap muka dengan lebih dari 100 orang partisipan bahkan bisa sampai ribuan dan tidak hanya di laptop atau PC, aplikasi ini juga dapat diunduh di Handphone atau smartphone. 


Di dunia pendidikan sejak ada intruksi Study From Home atau kita mengenal juga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), para guru “dituntut” untuk menguasai model aplikasi yang memungkinkan kegiatan pembelajaran jarak jauh atau  daring berjalan dengan baik. Tentunya aplikasi yang dipilih oleh guru sudah dikuasai juga oleh siswanya sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Para guru melakukan konsultasi dengan  para siswa terutama untuk pelajaran yang dianggap membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam, maka untuk mengatasi hal tersebut “salahsatu”  aplikasi  untuk mendukung pelaksanakan PJJ yaitu dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting, karena para guru bisa menjadi kreatif, siswa akan merasa senang, yang paling penting adalah PJJ  bisa  lebih efektif laksana kegiatan mengajar dengan tatap muka di kelas. 


Setelah kita mengetahui definisi aplikasi Zoom dan manfaatnya bagi guru, sebaiknya kita mencoba mengetahui bagaimana cara mengunduhnya,  berikut ini langkah-langkahnya:


1) Aplikasi Zoom untuk  Laptop atau PC
Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui laptop anda, dan laptop anda menggunakan Operating System Windows anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini : bukalah web browser di laptop and, lalu ketik aplikasi ‘Zoom Clouds Meeting’ pada kolom pencarian, cari versi terbarunya lalu klik ‘download‘ atau ‘install’ dan  tunggu sebentar dan aplikasi terinstal selesai 
2) Aplikasi Zoom untuk HP Android / Smartphone
Jika anda ingin mengunduh aplikasi ini melalui smartphone android, anda bisa ikuti langkah – langkah berikut ini : Buka Playstore di HP / smartphone  dan ketik ‘Zoom Cloud Meeting’dan carilah versi terbarunya, klik ‘Download’ atau ‘Install’, tunggu sebentar, dan aplikasi Zoom sudah bisa kita gunakan di HP atau smartphone kita.


Lalu adakah kelebihan dan kekurangan Aplikasi Zoom Cloud Meeting ini ? Berikut ini penulis  paparkan kelebihan aplikasi zoom cloud meeting : (pertama). Kapasitas ruang besar, sebuah aplikasi pertemuan virtual tentu harus bisa menampung banyak partisipan dalam satu sesi konferensi. Seperti rapat pada umumnya, rapat virtual biasanya memiliki jumlah peserta yang cukup banyak. Aplikasi Zoom Cloud Meeting diklaim dapat menampung hingga 1.000 partisipan serta 10.000 penonton dalam suatu grup atau ruang live video. (kedua) Tersedianya berbagai fitur menarik, pengguna bisa merekam dan menyimpan video selama meeting berlangsung, mengubah background sesuai dengan yang diinginkan, hingga menjadwalkan pertemuan online. Disamping itu  aplikasi Zoom bisa mendukung  mempresentasikan file materi kepada partisipan lainnya, baik partisipan maupun pemateri bisa mencoret-coret presentasi tersebut sehingga akan lebih mempermudah pendalaman materi. (ketiga) Fitur on/off video, jika di dalam sebuah meeting pengguna tidak lagi membutuhkan wajah dan suaranya untuk ditampilkan, maka pengguna bisa mengatur untuk mematikan video dan audio, kelebihan ini tentu saja akan menjaga privasi pengguna tanpa menganggu jalannya sebuah rapat.

 

Setelah  mengetahui  kelebihannya, mari kita pelajari kekurangan Aplikasi Zoom Cloud Meeting ini : ( pertama) Sampai saat ini  belum tersedia dalam bahasa Indonesia (kedua) Kurang begitu aman, dikarenakan bocornya data-data pengguna ke publik, bukannya menyimpan rapat-rapat detail pribadi penggunanya, aplikasi ini malah menyerbarluaskan data sensitif seperti wajah, lokasi pengguna, hingga jam login pengguna. Tak hanya itu saja, aplikasi Zoom ini disinyalir juga dapat dengan mudah diakses oleh hacker dengan bantuan software tertentu. (ketiga) Boros kuota, biasanya, aplikasi yang menampilkan video akan lebih banyak menguras kuota, begitupun aplikasi Zoom Cloud Meeting ini, jangan heran jika nantinya paket quota internet kita berkurang signifikan.

 

Demikianlah sekilas tentang aplikasi Zoom Cloud Meeting, semoga dapat membantu para guru khususnya  untuk menentukan apakah penting untuk  bisa memulai menggunakan  aplikasi Zoom, dan akan tetap dan  terus  menggunakannya, atau malah meninggalkan aplikasi  Zoom Cloud Meeting online ini? 

Oleh : Isep Suprapto  
Sumber :
https://pulsaseluler.com/blog/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-zoom/
https://poskita.co/2020/03/24/aplikasi-zoom-cloud-meetings-maksimalkan-belajar-di-rumah/



Selasa, 30 Jun 2020, 09:23:20 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 53467 View
MENULIS KISAH INSPIRATIF TENTANG PJJ DI MASA PANDEMI COVID-19
Selasa, 09 Jun 2020, 09:23:20 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1148 View
CARPON LUCU
Sabtu, 06 Jun 2020, 09:23:20 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1903 View
SENI DOMYAK KHAS PURWAKARTA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE