MILAD SEKOLAH, PENTINGKAH BAGI SISWA ?

Senin, 24 Feb 2020 | 10:14:14 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 17973


MILAD  SEKOLAH, PENTINGKAH  BAGI  SISWA ?
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Masih ada sebagian  para siswa  zaman sekarang  yang merayakan milad (ulang tahun) sekolahnya dengan hal-hal yang negatif alias tidak pantas dilakukan sebagai kaum terdidik, kita masih  mendengar berita  para siswa  di suatu sekolah  masih  ada yang merayakan  milad  sekolahnya dengan kumpul – kumpul kurang  jelas  dan merencanakan tawuran.

              

Maka untuk menghindari hal-hal tersebut momen milad sekolah misalnya milad ke-16 SMPN 2 Plered kabupaten Purwakarta tahun ini dijadikan tempat/saluran siswa  mengembangkan bakat dan kreatifitasnya, caranya dengan mengadakan acara  positif tentunya  berbentuk  pekan kreatifitas siswa seperti  kreasi  tari daerah, nyanyi dan vokal, pembacaan puisi, pembuatan  puisi akrostik dan pantun, pidato islami,  paskibra  dan  acara pengembangan  karakter seperti  deklarasi  sekolah  terbebas  dari narkoba, korupsi dan launching  SRA, launching pemakaian  tamler air  minum  serta  mengadakan operasi bersih-bersih dari sampah agar sekolah bebas dari bahaya DBD yang  tujuan akhirnya  bermanfaat bagi semua siswa itu sendiri. Semua ini sebagai untuk  mengaktualisasikan kreatifitas dan bakat para siswa, semua kegiatan  sebagai  sarana untuk memotivasi para siswa dalam meningkatkan minat, bakat dan prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik serta pembentukan karakter sejak dini. Perayaan milad atau  hari jadi sekolah lebih diutamakan pada kesakralan acara, sebab akan lebih terasa oleh keluarga intern sekolah. Acara milad bisa dibilang  sukses  tergantung dengan kemampuan panitia bersama dalam mengemasnya, dalam hal ini panitia adalah pengurus OSIS sebagai siswa intern sekolah dengan dibantu oleh pendamping atau pembina dari gurunya. Dengan merayakan  Milad atau  Hari Ulang Tahun sekolah dengan sebuah acara yang lain dengan yang lain diharapkan juga dapat mengangkat nama baik bagi sekolah sendiri, meskipun hal itu dianggap kurang pokok bagi sebagian anggapan orang.        
      

Inti tujuan dari kegiatan perayaan  milad atau ulang  tahun sekolah  itu sendiri  ialah suatu bentuk rasa syukur kepada  Allah, Swt  Tuhan Yang Maha Pemurah bahwasannya sekolah masih bisa eksis serta diberi kesempatan untuk mengabdi bagi masyarakat, sebagai tempat  mendidik dan mempersiapkan generasi bangsa ke depan dan berharap serta  berdoa  semoga sekolah  yang  ulang tahun  semakin  maju dan berprestasi lagi ke depannya.               


Kesimpulannya, bahwa acara  milad atau ulang tahun sekolah bisa dilaksanakan setahun sekali maupun dengan kurun waktu tertentu tergantung dari kebijakan masing-masing sekolah. Dalam merayakan ulang tahun sekolah dapat melalui acara yang sederhana maupun yang mewah tergantung kreatifitas dengan resikonya masing-masing dan di dalam pembuatan sebuah acara pasti ada resikonya tergantung akan dikemas bagaimana resiko tersebut agar tetap menghasilkan sesuatu yang positif. Semoga bermanfaat dan selamat Milad ke-16 SMPN 2 Plered semoga berkah dan berprestasi.Aamiin.*


Penulis :  Isep  Suprapto (Wakasek SMP Negeri 2 Plered)
Pegiat  Purbasari  Kabupaten Purwakarta



Senin, 24 Feb 2020, 10:14:14 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 2806 View
PENGKOLAN CARUNGANGKANG ku Agus Mulyana
Kamis, 20 Feb 2020, 10:14:14 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 406 View
MISTERI LUKISAN ANTIK
Rabu, 19 Feb 2020, 10:14:14 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 2688 View
TUKANG BASO DI TANJAKAN EMEN

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE