Kelompok Kerja Guru Kiarapedes Gelar Bincang Asyik Terkait Fitur Baru PMM

Rabu, 03 Jan 2024 | 10:13:35 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 501


Kelompok Kerja Guru Kiarapedes Gelar Bincang Asyik Terkait Fitur Baru PMM
   

Purwakarta, (02/01/2024) - Kelompok Kerja Guru Wahana Gentra Kiara dan Wahana Aditya Kiara Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta pada hari Senin, 2 Januari 2024 menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk BISIK atau Bincang Asyik yang membahas terkait fitur baru dari Platform Merdeka Belajar yaitu Pengelolaan Kinerja. Kegiatan tersebut berlangsung secara online dengan menggunakan Google Meet dan dihadiri oleh kepala sekolah, perwakilan guru dan operator sekolah yang akan melakukan kegiatan diseminasi lanjutan sekolahnya masing-masing setelah selesainya kegiatan secara daring.

Kegiatan BISIK yang dilakukan di awal Januari ini berfokus pada pembahasan kegiatan perencanaan yang harus dilakukan pada bulan Januari karena pada bulan ini merupakan pengisian perencanaan kegiatan yang berisi praktik pembelajaran, pengembangan kompetensi, tugas tambahan, perilaku kerja dan rangkuman. Hal ini sejalan dengan rentang pelaksanaan kegiatan pengisiannya yang dilakukan dalam 2 periode yaitu Januari – Juni dan Juli – Desember.

Menurut ketua Gugus Kiarapedes, Nurhasanah, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa lahirnya fitur pengelola kinerja akan lebih mempermudah kepala sekolah dalam melakukan penilaian kinerja.

"Kegiatan perencanaan atau dialog kinerja sebetulnya untuk di Kabupaten Purwakarta sudah dilakuan sejak tahun 2023 yaitu dengan adanya dialog antara guru dan kepala sekolah terkait pencapaian PMM, dan Tahun 2024 sekarang dengan lahirnya fitur pengelolaan kinerja akan lebih mempermudah kepala sekolah dalam melakukan penilaian terhadap kinerja gurunya" ujar Nurhasanah.

Disampaikan oleh Rendra Bagus Cahyono, S.Pd sebagai pemantik pada kegiatan tersebut bahwa pengelolaan kinerja tersebut guru memfokuskan pada satu indikator yang direkomendasikan dari capaian raport pendidikan satuan pendidikan masing-masing instansinya. Indikator yang dapat dipilih antara lain keteraturan suasana kelas, penerapan disiplin positif, umpan balik konstruktif, perhatian dan kepedulian, ekspetasi pada peserta didik, aktivitas interaktif, intruksi yang adaktif, dan intruksi pembelajaran.

Yayan Ihyanudin selaku Ketua K3S Gugus Kiarapedes mengapresiasi kegiatan BISIK tersebut.

"Saya mengapresiasi kepada pengurus gugus, KKG di wilayah Kecamatan Kiarapedes yang telah melaksanakan kegiatan ini, karena dengan kegiatan ini saya bisa mempelajari hal pengelolaan kinerja yang belum saya lihat sepenuhnya di PMM" ucap Yayan Ihyanudin

Kegiatan BISIK terkait pengelolaan kinerja akan dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan periodisasi kegiatannya yang selanjutnya akan direncanakan pada bulan februari.

Kelompok Kerja Guru Wahana Gentra Kiara dan Wahana Aditya Kiara Kecamatan Kiarapedes merupakan wadah kegiatan guru memfasilitasi kegiatan tersebut agar para kepala sekolah dan guru, dapat mempersiapkan diri terkait transformasi pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah yang sudah ada dalam PMM yang terintegrasi dengan e-kinerja BKN. (MH/RBC/Red.)

Sumber berita: Rendra Bagus Cahyono, S.Pd

Editor: Mira Habibah



Kamis, 28 Des 2023, 10:13:35 WIB Oleh : Mira Habibah 699 View
PGRI Kabupaten Purwakarta Fasilitasi Penjaga Bale Guru Tritangu Dengan Rumah Tinggal
Senin, 01 Jan 2024, 10:13:35 WIB Oleh : Mira Habibah 392 View
Resmi! PGRI Purwakarta Miliki Gedung Bale Diklat Guru Tritangtu
Rabu, 27 Des 2023, 10:13:35 WIB Oleh : Mira Habibah 1782 View
Purwanto Lantik Pengurus Satgas PGRI Kabupaten Purwakarta

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE