Kang Yoto Mantan Bupati Bojonegoro jadi Narsumber LEANS Disdik

Senin, 29 Apr 2024 | 15:04:52 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 212


Kang Yoto Mantan Bupati Bojonegoro jadi Narsumber LEANS Disdik
   

Purwakarta, (29/04/2024) - Program Leadership Education and Action Foundation for Sustainably (LEANS) yang diselenggarakan oleh Yayasan Upaya Indonesia Damai (United on Diversity atau UID) berkerjasama dengan Dinas Pendiidkan Kabupaten Purwakarta dan Self Learning Istitute (SLI) telah berakhir hari Sabtu, 27 April 2024.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aktor/penggerak dalam sistem Pendidikan dan berkemampuan berpikir sistem-desain-komputasional serta aksi gotong royong yang berdampak bagi kebahagiaan masyarakat dan alam di Purwakarta menghadirkan narasumber-narasumber hebat yang berkompeten dan sarat akan pengalaman salah satunya adalah Dr. Suyoto, M.Si (Kang Yoto), Mantan Bupati Bojonegoro yang menjabat pada dua periode yakni 2018 – 2013 dan 2013 – 2018.

Tentunya ini merupakan kebanggaan bagi peserta LEANS 2024 karena mendapatkan materi dan ilmu baru dari sosok hebat seperti Kang Yoto. Terlihat antusias dari peserta saat Kang Yoto menyampaikan materi “Energi Hidup Bahagia Membahagiakan” yang menerangkan lebih dalam tentang spiritual happiness dan kepemimpinan yang bahagia.

Lalu siapakah Kang Yoto?

Kang Yoto merupakan Vice President I UID. Sebelum aktif di UID,  dikenal sebagai salah satu sosok yang berhasil membangun daerah yang dipimpinnya yaitu Bojonegoro. Saat menjabat Bupati Bojonegoro, Kang Yoto berhasil membangun dan mengelola Bojonegoro dari daerah tertinggal menjadi percontohan dunia dan mendapatkan ratusan penghargaaan. Atas keberhasilannya mengentaskan kemeskinan Endemik di Bojonegoro, beliau diakui sebagai satu-satunya ahli Pembangunan desa di Indonesia. Pada masa kepemimpinannya juga, Bojonegoro dinyatakan oleh BNPB sebagai pengelola bencana terbaik nasional.

Kang Yoto sukses sukses membawa daerahnya menjadi percontohan pada ajang Open Government Partnership (OGP) Subnational Government Program atau Percontohan Pemerintah Daerah Terbuka. Kang Yoto menjadi salah satu Bupati yang kerap mewakili Indonesia di Forum International dalam forum Extractive Industry for sustainable development and Poverty Reduction (antara lain di forum Badan PBB UNDP 2014 di Brasilia Brazil, BADAN PBB untuk pembangunan berkelanjutan (UNSDN) dan Vatican pada tahun 2014). Open Government Partnership Forum di Washington D.C. dan Paris. World Bank dalam forum Asia Pacific untuk pengelolaan pemerintah Daerah dan masih banyak lagi prestasi yang dihasilkannya.

Setelah selesai masa tugasnya, Kang Yoto aktif sebagai pembicara di beberapa kegiatan seminar dan pelatihan serta diundang ke berbagai forum Internasional. Mantan Rektor Universias Muhammadiyah Gersik juga dikenal sebagai salah satu tokoh Pendidikan nasional. Kang Yoto juga menulis beberapa buku dan artikel. (MH/Red.)



Senin, 29 Apr 2024, 15:04:52 WIB Oleh : Mira Habibah 109 View
Kadisdik: Kebiasaan Baik Akan Jadi Jalan Tol Saraf-Saraf Kita
Rabu, 24 Apr 2024, 15:04:52 WIB Oleh : Mira Habibah 175 View
LEANS 2024, Kolaborasi UID dengan Disdik Purwakarta dan SLI
Senin, 22 Apr 2024, 15:04:52 WIB Oleh : Mira Habibah 113 View
Pimpin Apel Pagi, Sekdisdik Minta Kuatkan Program Lima Bunga Karakter

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE