KADISDIK SUKSES PROMOSI DOKTOR DARI UPI

Kamis, 16 Jan 2020 | 14:44:16 WIB - Oleh Nurdin | Dibaca 3353


KADISDIK SUKSES PROMOSI DOKTOR DARI UPI
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakart patut berbangga. Pasalnya salah seorang warganya (Kadisdik) kini tercatat menyandang gelar Doktor Ilmu Pendidikan, gelar tertinggi dalam strata pendidikan di Indonesia.
 
Terlebih, figur tersebut adalah praktisi pendidikan sekaligus birokrat seorang Kepala Dinas yang memiliki kebijakan dalam dunia pendidikan di Purwakarta. Ia adalah Purwanto, Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta yang telah menyelesaikan studi S3 nya di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan mengambil disertasi mengenai Model Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dasar dalam Implementasi Pendidikan Berkarakter di Kabupaten Purwakarta.

Kang Ipung begitu ia familiar disapa, ternyata menyelesaikan gelar Doktornya dengan predikat cum laude setelah selama kurang lebih satu setengah jam disidang oleh para penguji di Ujian Promosi Doktor, Rabu sore kemarin (15/1) di Ruang Auditorium Sekolah Pasca Sarjana UPI Bandung, Bandung.

Tentu tak mudah bagi Kang Ipung menyelesaikan studinya. Mengingat jabatan pengabdiannya yang melekat sebagai pejabat eselon II di Purwakarta yang tentu harus pintar berbagi waktu antara belajar dan bekerja.

Namun demikian, dirinya mengaku bisa memanfaatkan waktu dan pikirannya menyelesaikan studi Pasca Sarjana nya ditengah kesibukan bekerja sebagai Kepala Dinas. Mengingat Disertasi yang diambil adalah pokok-pokok pekerjaan yang ia hadapi selama ini yang menjadi tantangannya untuk dapat diselesaikan.

“Bukan sekedar diselesaikan, tapi kebijakan pendidikan berkarakter yang telah lama digulirkan di Purwakarta harus terus digelorakan untuk diterapkan model pendidikan seperti ini. Dan peran kepala sekolah tentu sangat sentral. Ini yang menjadi pokok-pokok pikiran saya untuk mengambil disertasi,” ujar Purwanto.

Lebih lanjut Kang Ipung tentu tak ingin berhenti sebatas menyelesaikan studi S3 ini mengenai pendidikan karakter di Purwakarta. Menurutnya, gelar barunya sebagai Doktor Pendidikan akan menjadi energi buat dirinya untuk melangkah menapaki tugas-tugas pengabdiannya sebagai Kepala Dinas dan ujian sesungguhnya dalam kesehariannya menggeluti pendidikan berkarakter di Purwakarta.

“Guru terbaik adalah pengalaman, ujian sesungguhnya ada pada kehidupan sehari-hari, semoga kita semua menjadi orang yang terus bisa memperbaiki diri dan bermanfaat untuk alam semesta,” katanya.

Jika merunut riwayat karir Kang Ipung, nampaknya pria dua anak ini tak bisa diragukan lagi dalam memahami asam garam pendidikan di Purwakarta.

Mengawali karir sebagai guru kelas di SDN 4 Munjuljaya kemudian malang melintang mengabdikan diri di dewan pendidikan hingga akhirnya dipercaya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta oleh Bupati Anne Ratna Mustika. Alih-alih bekerja, Kang Ipung nampaknya ingin terus mengabdi untuk pendidikan berkarakter di Purwakarta. (NC/Red).



Senin, 13 Jan 2020, 14:44:16 WIB Oleh : Nurdin 1825 View
SAMPAH PLASTIK : KADISDIK TANDATANGANI MOU DENGAN BSP
Jumat, 10 Jan 2020, 14:44:16 WIB Oleh : Nurdin 2301 View
KADISDIK RESMIKAN SEKOLAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHO
Kamis, 09 Jan 2020, 14:44:16 WIB Oleh : Nurdin 2481 View
DISDIK & BAZNAS PURWAKARTA KOLABORASI BANTU RUMAH GURU YANG ROBOH

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE