Kadisdik Panen Ikan Bersama Siswa Di Sekolah Ekologi

Rabu, 26 Jul 2023 | 16:46:06 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 434


Kadisdik Panen Ikan Bersama Siswa Di Sekolah Ekologi
   

Purwakarta, (26/07/2023) - Sekolah-sekolah di Kabupaten Purwakarta selalu membuat inovasi atau pembelajaran yang menyenangkan sehingga membuat siswa nyaman. Metode-metode baru terus dibuat oleh sekolah sehingga sekolah menjadi rumah kedua yang nyaman dan ramah anak.

Salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler Tatanen di Bale Atikan (TdBA) Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta yang pada hari Rabu, 26 Juli 2023 melaksanakan kegiatan gebyar kolam yaitu mengambil ikan di kolam. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto yang bahkan turun langsung ikut serta mengambil ikan di kolam.

Dengan peralatan yang sederhana seperti jaring, sair ikan dan lain-lain siswa beramai-ramai bergotong royong mengambil ikan yang ditanam dari enam bulan yang lalu. Purwanto selain ikut langsung mengambil ikan juga mengarahkan para siswa tentang cara mengambil ikan yang benar. Purwanto juga membeli ikan dari yang sudah diambil bersama siswa.

Menurut Purwanto, enam bulan lalu bersama anggota ekskul TdBA menanam ikan yang saat itu menggunakan tabungan dari siswa untuk membeli ikannya. Ikan tersebut antara lain Nila, Mujaer, Gurame dan emas. Selain itu kegiatan ini menjadi pembelajaran bagi para siswa untuk bisa diintegrasikan ke dalam pembelajaran yang lain termasuk P5 dan pembelajaran Kewirahusahaan.

“Mereka belajar menanam, merawat dan kemudian menjual ikannya yang hasilnya untuk menanam ikan lagi. Ini bisa dijadikan proyek pembelajaran yang terintegrasi dengan semua mata pelajaran. Mereka bisa membuat narasi dalam bentuk bahasa Indonesia untuk kemudian di upload di website atau media sosial sekolah” ujar Purwanto.

Selain itu masih menurut Purwanto kegiatan ini sebagai bentuk siswa merawat lingkungan baik itu tanah, air dan udara di sekolah ini. (MH/Red.)



Rabu, 26 Jul 2023, 16:46:06 WIB Oleh : Mira Habibah 811 View
Ekskul Robotik SMPN 7 Purwakarta Ciptakan Robot Sensor Penyiram Tanaman
Selasa, 25 Jul 2023, 16:46:06 WIB Oleh : Mira Habibah 563 View
Purwanto Yakinkan Sekolah-Sekolah Model Tranformasi Bisa Dilaksanakan
Senin, 24 Jul 2023, 16:46:06 WIB Oleh : Mira Habibah 600 View
KPK Syuting Film Dokumenter di Sekolah Ekologi SMPN 10 Purwakarta

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE