KADISDIK JELASKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN : WORKSHOP PEMBELAJARAN BERBASIS TdBA

Senin, 18 Okt 2021 | 14:57:49 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 330


KADISDIK JELASKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN : WORKSHOP PEMBELAJARAN BERBASIS TdBA
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta hadir langsung pada kegiatan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Tatanen di Bale Atikan, Senin (18/10), di auditorium Prime Plaza Hotel. 

Kegiatan ini dipandu narasumber Muhammad Irvan Efrizal, Direktur Self Learning Institute. Sementara, sebagai peserta adalah para Penilik TK, PAUD dan para pengawas jenjang SD, SMP se Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutan sekaligus arahannya, Kepala Dinas Pendididikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta,  Dr. H. Purwanto menegaskan, semua kebijakan Dinas Pendidikan harus diselaraskan dengan praktek di sekolah.

"Mulai dari kebijakan 7 Hari Pendidikan Istimewa, lalu Tatanen di Bale Atikan harus betul di pahami secara holistik. Penguatan pendidikan karakter harus terintegrasikan dengan pendidikan tinggi," katanya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa Kebijakan ini harus terus berjalan, siapapun nanti kepala daerah dan Kepala Dinasnya.

"Jika ini tidak berjalan dengan baik, maka kebijakan akan terus berubah dan tidak berbuahkan hasil.  Semua nya harus berjalan simultan, bergerak semuanya diterapkan tematik 7 Poe Atikan Istimewa, mulai dari hari senin ajeg nusantara, salasa mapag buana, Kemis nyanding wawangi, Jumaah nyucikeun Diri, Sabtu-Minggu betah di Imah," tegasnya.

SYARAT PURWAKARTA MAJU ; KEUNGGULAN LOKAL

Kebijakan yang digagas Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, sambung dia, tidak lepas dari visi kemajuan Purwakarta. Untuk bisa maju, dibutuhkan karakter, citarasa, dan keunggulan lokal. 

"Yang menjadi keunggulan sebuah negara adalah lokalitas, kearifan lokalnya, Sekolah- sekolah yang menjungjung tinggi nilai-nilai tradisional. Setelah pertemuan ini, harus ada giroh semangat yang tumbuh dalam jiwa para pengawas, penilik.  Harus terus konsisten laksanakan pembiasaan di sekolah 7 Poe Atikan Istimewa. Program ini Penting untuk semua aspek kehidupan, nanti nya akan terbangun kepercayaan  diri yang tumbuh dalam diri peserta didik," ulasnya.

Ia tak luput mengingatkan, aspek penting dari Program Tatanen di Bale Atikan salah satunya adalah Perubahan kultur belajar.

"Kemudian, perubahan kultur sekolah, TdBA itu materi, content, ini harus semua dilakukan oleh sekolah mulai dari jenjang TK, SD dan SMP. Kadisdik berharap kepada pengawas agar semua sekolah melaksanakan kebijakan dinas pendidikan  kabupaten purwakarta," begitu tukasnya. (NC/Red)



Sabtu, 16 Okt 2021, 14:57:49 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 439 View
Purwanto buka TOT Proktor ANBK SD
Rabu, 13 Okt 2021, 14:57:49 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 374 View
15 Mahasiswa Magister Hasil Kerjasama Disdik Purwakarta dan UPI Diwisuda
Jumat, 01 Okt 2021, 14:57:49 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 244 View
OUTDOOR MEETING K3S KECAMATAN BUNGURSARI

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE