KADISDIK : \\\"NILAI DASAR PGRI ADALAH PROFESIONALISME GURU\\\"

Selasa, 09 Apr 2019 | 11:07:42 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 6273


KADISDIK : \\\"NILAI DASAR PGRI ADALAH PROFESIONALISME GURU\\\"
   

Disdik. Purwakartakab.go.id – Kadisdik Purwakarta membuka konferensi cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Pondoksalam, di lingkungan SDN Salamjaya, Kamis (31/01).

Dalam sambutannya, Kadisdik berharap PGRI Cabang Kecamatan Pondoksalam dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Pendidikan di kabupaten Purwakarta. 

"Nilai mendasar yang ada di lingkup PGRI secara keorganisasian adalah Profesionalisme guru. Dalam hal ini, sebagai guru kita berkomitmen menjalankan tugas dan fungsi dengan baik. Atau, dalam istilah sunda, "ngabdi kalemah cai" untuk kebaikan," katanya.

Agar bisa menjadi guru profesional, lanjut dia, seorang guru harus memiliki komitmen dan integritas tinggi serta kemauan untuk senantiasa meningkatkan kompetensi diri. Dengan kata lain, timpal dia lag, guru yang profesional adalah tipikal "guru pembelajar".

"Organisasi PGRI harus mampu memberikan mediasi, memfasilitasi anggota-anggotanya untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi guru-guru profesional dengan kriteria tersebut. Sehingga, para guru pun siap menghadapi perkembangan zaman dan mampu menghadapi peserta didik di era sekarang ini," cetusnya.

Kadisdik Purwanto tak luput menyinggung soal perkembangan zaman dan dampaknya kepada pribadi peserta didik. 

"Para guru harus mampu memanfaatkan perangkat teknologi yang ada saat ini untuk meningkatkan kapasitas dirinya. Dengan begitu, maka para guru akan tetap memiliki jati diri di era digital seperti yang berlaku saat ini. Kemudian, dengan modal itu pula para guru akan mampu mengarahkan para siswanya agar tidak terdampak pengaruh negatif yang muncul dari perkembangan teknologi," pungkasnya.

Konferensi yang digelar rutin per lima tahun sekali ini ditujukan untuk menghasilkan ketua baru di lingkup PGRI Kecamatan Pondoksalam. 

Dari amatan langsung di lokasi, hadir para guru dari wilayah kecamatan Pondoksalam. Termasuk, hadir pula Ketua PGRI Kabupaten Purwakarta, H. Rasmita. (NC/Red)


Video Terkait:



Minggu, 20 Jan 2019, 11:07:42 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 5283 View
LSK TETAPKAN TK NEGERI PEMBINA PURWAKARTA SEBAGAI TEMPAT UJI KOMPETENSI (TUK) GURU PAUD
Rabu, 19 Des 2018, 11:07:42 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 4821 View
MENGENAL SOSOK NISFI, GURU KREATIF DARI SDN I NAGRIKIDUL
Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE