KADISDIK : DI SITUASI PANDEMI KREATIFITAS GURU DIUJI

Selasa, 04 Agu 2020 | 07:29:25 WIB - Oleh Nurdin | Dibaca 1400


KADISDIK : DI SITUASI PANDEMI KREATIFITAS GURU DIUJI
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto berkesempatan hadir dalam Workshop bertajuk “Review KTSP Dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pemenuhan Standar Isi, Proses dan Penilaian Tahun Pelajaran 2020/2021”, Senin (03/08), di aula SMP Negeri I Pasawahan. 

Kepala SMP Negeri 1 Pasawahan, Arlida Saundara, yang ditemui di lokasi mengatakan, kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh Guru PNS dan non PNS di lingkungan SMP Negeri 1 Pasawahan. Agenda acara digelar selama 4 hari, yaitu 2 hari secara in house, kemudian 2 hari secara out house. 

Melalui acara workshop ini, ia berharap kegiatan belajar mengajar jarak jauh bisa dilaksanakan dengan baik. Sehingga, kesehatan para anak didik bisa terjaga karena belajar di rumah masing-masing. 

“Semoga peserta didik, Guru dan seluruh warga sekolah terhindar dan bebas dari wabah Covid-19,” ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto mengatakan, pada situasi darurat pandemi seperti yang terjadi saat ini, guru dituntut untuk kreatif. 

“Jadikan wabah pandemi covid-19 ini sebagai kesempatan istimewa Bapak/Ibu untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam pembelajaran.  Hilangkan dan rubah mental block (halangan mental : Red) yang selama ini sudah tertanam dalam pemikiran Bapak/Ibu semua,” ungkapnya. 

Kadisdik Purwanto pun mengajak semua guru yang terlibat workshop untuk terus optimis. Sekolah harus menjadi tempat yang paling menyenangkan untuk para siswa. Dan untuk mewujudkan itu, maka kerjasama  yang apik antara sekolah, orangtua dan lingkungan sekitar adalah ‘modal’ sosial yang tidak bisa dinafikan. 

KREATIFITAS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH 

Terlebih, pada situasi darurat pandemi, sambung Kadisdik Purwanto, kreatifitas para guru harus lebih ditingkatkan lagi. Disadari, pembelajaran daring memiliki kelemahan-kelemahan. Sehingga, patut dicari cara untuk meminimalisir kelemahan pembelajaran tersebut. 

“Pembelajaran daring (dalam jaringan/online ; Red) bisa dikolaborasikan dengan pembelajaran luring (luar jaringan : Red). Diantaranya, datangi langsung rumah para peserta didik, kemudian pastikan apakah peserta didik melakukan kegiatan aplikatif keseharian seperti membantu pekerjaan rumah orang tua, mengaji ngepel, cuci piring. Harap diingat, keutamaan pendidikan ialah kemuliaan akhlaq dan prilaku.  Semua harus dibangun oleh sekolah, para guru harus mampu mengedukasi, menggali, dan menangkap potensi anak. Dengan bekal tersebut, pada akhirnya pendidikan mampu memberikan solusi pemecahan masalah anak di ruang kelas dan di rumah,” tegasnya. 
Berpikir out of the box (di luar kebiasaan : Red), imbuh dia lagi, adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi dalam kondisi saat ini. Tanpa kecuali, hal tersebut juga berlaku untuk para guru yang bagaimanapun adalah pribadi yang bertugas di garis depan penyelenggaraan pendidikan. 

“Para guru dituntut untuk bisa berfikir alternatif. Saya sarankan keluarlah dari kebiasaan (out of the box). Jangan terpaku pada dokumen kurikulum yang tertulis. Kita semua tahu ada istilah  kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam dunia pendidikan. Pahamilah itu. Dalam konteks itu, maka toilet yang ada di lingkungan sekolah harus menjadi bagian kurikulum. Pun, sama halnya, halaman sekolah, saluran air, taman-taman kelas dan penataan ruangan kelas. Semua itu harus menjadi bagian dari kurikulum yang diajarkan kepada para siswa,” tegasnya. 

Apalagi jika dibudayakan sebagai bagian dari pembelajaran, lanjut Kadisdik Purwanto, maka hal-hal kecil yang sebetulnya adalah bagian dari keseharian tersebut akan menjadi kesadaran yang terpatri kuat di benak dan jiwa para peserta siswa. Pada akhirnya, siswa menjadi pribadi yang mawas diri terhadap situasi lingkungannya. 

“Dan itu bisa terjadi jika perilaku guru konsisten dengan apa yang disampaikan kepada para siswa. Sehingga, dalam perspektif tertentu, semua perilaku guru adalah kurikulum. Sehingga, apa yg harus kita lakukan? Jelas bahwa toilet harus bersih dan nyaman.  Taman-taman harus indah. Lingkungan sekolah harus bersi.  Perilaku  guru harus jadi teladan agar terjadi resonansi terhadap diri siswa ada getaran nilai-nilai positif dari apa yang diindra oleh siswa dari lingkungan, sehingga getaran itu masuk kedalam qalbu dan bersemayam dalam diri siswa. Ingat, dimasa-masa seperti  sekarang, pembelajaran berbasis proyek itu dipandang cukup efektif. Berilah siswa tugas untuk membersihkan rumah yang mengkolaborasikan beberapa mata pelajaran, membuat makanan, membuat pupuk, melakukan penembang biakan tanaman melalui stek dan okulasi. Setelah itu, bawa hasilnya ke sekolah untuk ditanam dan diceritakan dalam bentuk tulisan atau audio visual. Dengan model terintegrasi tersebut, saya yakin proses pembelajaran serta relasi antara guru dan siswa menjadi jauh lebih menyenangkan,” begitu papar lengkapnya. (NC/Red)



Senin, 03 Agu 2020, 07:29:25 WIB Oleh : Nurdin 1790 View
Guru Harus Kerja Ekstra Keras Pada Situasi Pandemi
Rabu, 29 Jul 2020, 07:29:25 WIB Oleh : Nurdin 1282 View
PKH Purwakarta Gelar Koordinasi dengan Disdik, Bahas Pengentasan Wajib Belajar 12 Tahun

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE