Kadisdik : Cakap Etika Pelajar Di Dunia Digital

Rabu, 06 Mar 2024 | 15:08:05 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 2186


Kadisdik : Cakap Etika Pelajar Di Dunia Digital
   

Purwakarta, (06/03/2024) – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd pada hari Rabu menjadi narasumber dalam acara Makin Cakap Digital 2024 Segmen Pendidikan yang diselenggarakan oleh Kominfo bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Purwakarta. Kegiatan tersebut mengambil tema “Etika Pelajar di Dunia Digital”. Tujuannya kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada peserta didik di Purwakarta terkait literasi digital.

Kegiatan yang berlangsung di Bale Sawala Yudhistira dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Rakyat Dicky Dharmawan, SH, M.Hum mewakili Pj Bupati. Selain itu hadir pula pejabat Disdik, kepala sekolah serta perwakilan siswa. Kegiatan ini juga disiarkan melalui zoom untuk bisa disaksikan pula oleh semua peserta didik di Kabupaten Purwakarta. Total 500 orang yang hadir di Bale Yudhistira dan 20.000 nonton secara online.

Selain Kadisdik Purwakarta, acara ini menghadirkan narasumber Aulia Putri Juniarto (Tutor dan Fasilator Nasional), La Rane Hafied (Digital Storyteller) serta dipandu moderator Dini Asmiatul.

 

Kadisdik menyampaikan terkait pentingnya etika digital khususnya bagi kalangan peserta didik. Bahwa literasi digital tidak hanya meliputi “kecakapan” menggunakan internet dan media digital tetapi juga menekankan pada kecapakan pengguna media digital dalam melakukan proses media digital yang dilakukan secara produktif, juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.

 

“Di era digital yang menghubungkan dengan masyarakat dimanapun sangat penting diterapkan etika digital. Kita harus bisa memilih dan memilah mana yang bisa digunakan dan tidak digunakan. Mana yang bisa ditonton dan tidak ditonton dan mana yang membuat kita maju dan bisa membuat kita rusak. Penggunaan gawai (handphone) bisa menjadi penunjuk jalan ke arah kebaikan atau penunjuk jalan ke arah kehancuran”

 

“Memegang etika di masyarakat digital seperti kita hidup bertetangga. Bisa disenangi tetapi kalian juga tidak bisa membuat diri disenangi oleh tetangga kita” ucap Kadisdik.

 

Selain mendapatkan edukasi terkait literasi digital, peserta yang hadir juga mendapat kesempatan untuk menonton video animasi berjudul “ 4 Jurus Literasi Digital” yaitu Interaksi, Partisipasi, Kolaborasi dan Kontrol diri. Peserta yang hadir juga mendapat kesempatan untuk bertanya serta membuat video kegiatan yang kemudian diposting di Instagram. Bagi penanya dan video terbaik mendapatkan hadiah dari panitia acara. (MH/Red)



Jumat, 01 Mar 2024, 15:08:05 WIB Oleh : Mira Habibah 261 View
Sah! Pengurus Fosta Generasi VIII Periode 2024 - 2025 Resmi Dilantik
Kamis, 29 Feb 2024, 15:08:05 WIB Oleh : Mira Habibah 347 View
Pengurus IKA UPI Purwakarta Periode 2023 - 2029 Resmi Dikukuhkan
Rabu, 28 Feb 2024, 15:08:05 WIB Oleh : Mira Habibah 296 View
IHT SMPN 1 Pasawahan, Kadisdik : Gunakan Lingkungan menjadi Sarana Pembelajaran

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE