Harlah Ke-22 Tahun, SMPN 4 Purwakarta Gelar Wisuda Tahfiz Hadist Dan Quran

Jumat, 16 Feb 2024 | 12:05:19 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 900


Harlah Ke-22 Tahun, SMPN 4 Purwakarta Gelar Wisuda Tahfiz Hadist Dan Quran
   

Purwakarta, (16/02/2024) – SMPN 4 Purwakarta pada hari Jum’at, 16 Februari 2024 menggelar acara Peringatan Isro Mi’raj 1445 H sekaligus Wisuda Tahfiz Hadist dan Tahfiz Quran Juz 30. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta Dr. H. Purwanto, M.Pd sekaligus membuka secara resmi acara wisuda tersebut. Selain kadisdik, hadir pula ketua komite sekolah yang juga Ketua MUI Kab. Purwakarta serta perwakilan orang tua siswa.

Pada kesempatan tersebut, diwisuda sekitar 45 siswa kelas VII hingga IX yang terdiri dari tahfiz hadist sebanyak 40 siswa dan tahfiz Juz 30 sebanyak 5 orang.

Kadisdik mengapresiasi kegiatan wisuda tahfiz tersebut karena SMPN 4 Purwakarta bisa membuktikan bahwa sekolah negeri yang berada di tengah kota mampu menghasilkan anak-anak yang bisa hafal Quran dan Hadist. Kadisdik berharap semua siswa SMPN 4 Purwakarta semuanya hafal karenanya harus sering dibaca. Sekolah ini diharapkan juga terus konsisten dengan kegiatan ini.

“Rumus ilmu dan rumus belajar itu semakin sering dipelajari maka akan semakin masuk ke dalam pikiran dan hati. Karenanya kebiasaan itu penting agar ketika keluar dari sekolah, siswa sudah bisa hafal dan mempraktikan arti dari hadist maupun Quran tersebut dalam kehidupan sehari-hari” ucap Kadisdik.

“Apa yang dipelajari setiap hari di sekolah termasuk tahfiz hadist dan Quran haruslah bermanfaat untuk peserta didik tersebut” masih ucap Kadisdik.

Menurut Nursodik, Kepala SMPN 4 Purwakarta bahwa Tahfiz hadist dan Qur’an merupakan program unggulan yang dilaksanakan 4 hari dalam seminggu kecuali di hari senin. Karenanya untuk mengapresiasi program tersebut diadakan sidang munaqosah dengan menguji beberapa siswa.

“Harapan saya di tengah tantangan zaman, sekolah bisa membekali agama yang kuat hingga karakternya bagus. Banyak siswa yang kurang pendidikan agam di rumah sehingga sekolah kami memberikan ruang seluas-luasnya untuk siswa belajar agama” demikian ucap Nursodik.

Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng Harlal SMPN 4 Purwakarta ke-22 yang diawali pemotongan tumpeng oleh Kadisdik yang diserahkan kepada Ketua MUI dan juga kepala sekolah. Acara puncak Harlal SMPN 4 Purwakarta akan dilangsungkan nanti di tanggal 4 Maret 2024. (MH/Red.)



Kamis, 15 Feb 2024, 12:05:19 WIB Oleh : Mira Habibah 679 View
SMPN 2 Pasawahan, Unjuk Potensi Diri Peserta Didik di Panggung Kamis Estetis
Kamis, 15 Feb 2024, 12:05:19 WIB Oleh : Mira Habibah 485 View
SMPN Satap Ciawi, Menaman di Rumah dan di Sekolah
Selasa, 13 Feb 2024, 12:05:19 WIB Oleh : Mira Habibah 557 View
SDN 1 Nagrikidul, Berliterasi Melalui Lagu

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE