Gunakan Teknologi, SMPN 7 Purwakarta Gelar Pemilihan Ketua OSIS

Senin, 19 Feb 2024 | 17:08:25 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 713


Gunakan Teknologi, SMPN 7 Purwakarta Gelar Pemilihan Ketua OSIS
   

Purwakarta, (19/02/2024) – SMPN 7 Purwakarta pada hari Senin, 19 Februari 2024 mengadakan impelementasi Kurikulum Merdeka dalam rangka penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pada semester 2 ini yang dipilih adalah “Suara Demokrasi” yang dikaitkan dengan Pemilihan Ketua OSIS dan wakilnya atau yang disingkat dengan Pilketos.

Pilketos ini dilaksanakan seperti saat pemilihan umum karena terdiri dari KPPS, Saksi, KPO (Komisi Pemilihan OSIS). Yang menarik saat pemilihan ditiadakan kertas suara tetapi di bilik suara disediakan laptop yang sudah terpasang aplikasi polling online.

Kepala SMPN 7 Purwakarta, Rikrik Halimatussadiah, S.Pd, M.Pd menjelaskan pemilihan menggunakan sistem berbasis komputer dengan aplikasi online selain sekolahnya merupakan unggulan di bidang IT juga sebagai Upaya menghemat sumber daya alam dan melestarikan lingkungan dengan tidak menggunakan kertas. Modalnya hanya menggunakan laptop, aplikasi online dan juga internet.

Tujuannya menurut Rikrik adalah untuk melatih anak-anak ketika nanti sudah terjun ke masyarakat dan hasil dari pemilihan tidak perlu menunggu lama dan sudah bisa dilihat hasilnya dalam waktu yang singkat.

“Pembelajaran yang bisa didapatkan oleh siswa saat pemilihan Ketua OSIS nantinya saat terjun ke masyarakat, sudah terlatih menggunakan hak suaranya dan mengelola pemilihan umum. Siswa menjadi tahu cara kerja KPU ataupun KPPS”

“Pemilihan secara online alasannya karena lebih akurat, lebih mudah direkap dan menghindari kecurangan. Program ini sudah berjalan selama tiga tahun di SMPN 7 Purwakarta” demikian ungkap Rikrik.

Andre Nugraha, S.T , Guru IT mengatakan pemilihan Aplikasi online Straw Poll karena aplikasi ini telah digunakan oleh beberapa perguruan tinggi saat pemilihan ketua BEM dengan jumlah pemilih yang banyak. Di SMPN 7 Purwakarta aplikasi yang digunakan mampu menampung 1000 pemilih. Datanya juga stabil dan tergrafis dengan cepat dan jelas.

“Risetnya sudah tiga tahun Pilketos SMPN 7 Purwakarta menggunakan aplikasi online dan setelah mencoba beberapa aplikasi yang paling stabil hasilnya adalah Straw Poll”.

Pilketos SMPN 7 Purwakarta dilakukan oleh 810 siswa, 40 guru yang memilih di tiga TPS. Pilketos memiliki beberapa tahapan dari mulai diberikan teori terkait pemilihan, outing class ke DPRD, memilih calon dari masing-masing kelas hingga terpilih dua pasangan calon kemudian diadakan kampanye serta debat untuk mempresentasikan visi dan misi calon Ketua OSIS hingga puncaknya diadakan Pilketos yang dilaksanakan hari Senin, 19 Februari 2024.

Setelah Pilketos diadakan evaluasi dari panitia Pilketos agar bisa mendapat formula yang lebih  baik lagi saat pemilihan di tahun depan. (MH/Red)



Senin, 19 Feb 2024, 17:08:25 WIB Oleh : Mira Habibah 213 View
Kadisdik Purwakarta Terima Mahasiwa Kampus Mengajar Angkatan 7
Jumat, 16 Feb 2024, 17:08:25 WIB Oleh : Mira Habibah 884 View
Harlah Ke-22 Tahun, SMPN 4 Purwakarta Gelar Wisuda Tahfiz Hadist Dan Quran
Kamis, 15 Feb 2024, 17:08:25 WIB Oleh : Mira Habibah 669 View
SMPN 2 Pasawahan, Unjuk Potensi Diri Peserta Didik di Panggung Kamis Estetis

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE