Generasi Membumi Disdik Purwakarta: Agen Perubahan Pelestarian Lingkungan

Senin, 30 Okt 2023 | 15:21:33 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 456


Generasi Membumi Disdik Purwakarta: Agen Perubahan Pelestarian Lingkungan
   

Purwakarta, (30/10/2023) - Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Self Learning Institute (SLI) kembali mengadakan kegiatan positif dalam rangka menciptakan agen perubahan pelestarian lingkungan. Kegiatan tersebut adalah Generasi Membumi yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober 2023 sampai dengan 04 November 2023 bertempat di Bale Mandala Karsa Kompleks SKB Purwakarta.

Generasi Membumi adalah sebuah program kegiatan yang bertujuan mendorong para pelajar di Kabupaten Purwakarta untuk menjadi agen perubahan dalam upaya pelestarian lingkungan yang berwawasan lingkungan dan memilki gaya hidup berkelanjutan. Program ini diselenggarakan  untuk memotivasi, melibatkan dan mendidik generasi muda agar lebih peduli terhadap isu lingkungan dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Program ini diikuti oleh peserta didik kelas VIII (delapan) pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Purwakarta sebanyak 30 orang yang terpilih setelah melalui proses seleksi dari 200 peserta yang mendaftar.

Pembukaan kegiatan berlangsung pada hari Senin, 30 Oktober 2023 oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd. Turut hadir pada pembukaan kegiatan tersebut CEO SLI, Mochamad Irvan Efrizal, para pejabat Dinas Pendidikan serta pengurus IKA SUKMA.

Purwanto merasa bahagia sekaligus bangga karena semua peserta yang terpilih bisa hadir dan mengikuti kegiatan tersebut tentunya dengan izin dari orang tua, kepala sekolah dan guru untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung selama 6 hari. Purwanto meminta agar peserta bisa menjadikan tumbuhan, air, tanah dan udara seperti sahabat.

“Jadikan tumbuhan sahabat kita yang menjadi bagian hidup kita dan selalu memberikan kebaikan kepada kita dan bagian dari kehidupan kita. Jadikan pohon-pohon dan tumbuh-tumbuhan bagian dari kehidupan kita yang tidak terpisahkan layaknya sahabat yang menumbuhkan hidup kita” ungkap Purwanto.

Masih menurut Purwanto, Generasi membumi harus menjadi generasi yang menyayangi, merawat tanaman dan bisa menumbuhkan tanaman dimanapun karena tanaman adalah bgian dari kehidupan kita.

“Lulusan generasi membumi nantinya di rumahnya yang tidak ada pohon harus ditanam pohon dan tidak menjadi perusak lingkungan. Generasi membumi harus menjadi bagian dari kehidupan yang berdampingan, bersahabat dengan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kalian” ucap Kadisdik.

“Maka ke depannya selesai acara ini, generasi membumi harus menjadi orang-orang yang menghargai tanah, air dan udara, memuliakannya, kita sayangi dan jika kita cemari maka tidak akan lagi bisa bersahabat dengan kita” demikian harapan Purwanto. (MH/Red)



Senin, 30 Okt 2023, 15:21:33 WIB Oleh : Mira Habibah 408 View
Apel Pagi, Kadisdik Minta Sulinjar PAUD dan SD Segera Tuntas
Sabtu, 28 Okt 2023, 15:21:33 WIB Oleh : Mira Habibah 448 View
Karnaval Semangat Sumpah Pemuda 2023
Jumat, 27 Okt 2023, 15:21:33 WIB Oleh : Nurdin 1058 View
SMPN 5 Purwakarta Gelar Lomba Poster Sumpah Pemuda

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE