Gebyar Nuzulul Qur-an Pelajar Purwakarta, Langitkan Doa Bumikan Al-Qur-an

Kamis, 06 Apr 2023 | 15:36:05 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 725


Gebyar Nuzulul Qur-an Pelajar Purwakarta, Langitkan Doa Bumikan Al-Qur-an
   

Kamis, (6/4/2023) bertempat di Lingkungan SMPN 7 Purwakarta dilangsungkan kegiatan Gebyar Nuzulul Qur’an Pelajar Purwakarta Ramadhan 1444H yang bertema “Langitkan Doa Bumikan Al-Qur’an". Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Purwakarta  berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dan Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta. 

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Bapak H. Purwanto,  Staf Ahli Bupati Purwakarta, Dani Abdurrahman, SH, MH, Kasi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Purwakarta, H. Syamsi Mufti, S.Ag, M.SI, para pejabat Dinas Pendidikan, Ketua MUI Purwakarta, pengurus AGPAII dan tamu undangan. Acara ini disiarkan secara langsung oleh Linuhung TV, Youtube yang diikelola oleh Dinas Pendidikan Purwakarta. 

Menurut Ketua Panitia, Ibu Hj. Lulu Makiyah kegiatan ini bertujuan sebagai ikhtiar untuk memotivasi seluruh lembaga pendidikan, guru dan pelajar akan pentingnya berliterasi Al-Qur’an, menumbuhkan kecintaan kita terhadap Al-Qur’an dan menjadikan Al-Qur’an sebagai sarana yang akan mengantarkan kebahagiaan bukan hanya di dunia tapi di akhirat. 

Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Purwakarta H. Syamsi Mufti, S.Ag, M.SI dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang merupakan kolaborasi dan sinergi tanpa batas antara Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dengan Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta.  Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dan buat kita sebagai orang dewasa karena bukan hanya menulis mushaf tetapi juga membaca serta mencintai Al-Qur’an. Cintai AL-Quran bukan sekedar membaca tetapi mencintai Al-Quran dengan sepenuh hati sebagai pedoman hidup supaya mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

Sementara itu Kadisdik Purwakarta, H. Purwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa keinginannya untuk terus mendorong anak-anak yang bersekolah negeri baik SD maupun SMP di Purwakarta agar tidak ketinggalan jauh pelajaran agama dengan mereka yang bersekolah di MI, Tsanawiyah, dan Sekolah Islam Terpadu. Kadisdik ingin semuanya sejajar. Untuk itu Kadisdik terus berupaya dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah baik SD maupun SMP maupun Guru PAI yang ada di Kabupaten Purwakarta yang terus melakukan terobosan dan Inovasi untuk mengusai ilmu keagamaan apapun agamanya. Dinas Pendidikan Purwakarta berkomitmen untuk terus menumbuhkan spiritualitas, kesadaran sosial dan kesadaran lingkungan agar menjadi profil Pelajar Pancasila. 

Bupati Purwakarta dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati, Dani Abdurrahman, SH., MH mengatakan bahwa sangat bangga karena anak-anak di Kabupaten Purwakarta mampu menyelesaikan penulisan Mushaf Al-Qur’an 30 juz secara bersamaan. Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ajaran agama yang bersumber dari rujukan keagamaan peserta didik yang dikenal dengan Pendidikan Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab (AKPK). Penguatan karakter melalui Program AKPK untuk mendekatkan peserta didik pada sumber keyakinan beragam sesuai agama yang dianutnya. Pengkajian yang mendalam terhadap sumber-sumber keagaman akan melahirkan pesrta didik yang literat dan moderat.

Acara dilanjutkan dengan penulisan Mushaf Qur'an yang dilakukan oleh Kadisdik, Ketua MUI, Ketua Panitia dan diikuti serentak oleh para pelajar SD-SMP se-Kabupaten Purwakarta (MH/Red.)



Kamis, 06 Apr 2023, 15:36:05 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 748 View
Selain Membaca, SDN Ciwangi Juga Bimbing Murid Menulis Huruf Alquran
Kamis, 06 Apr 2023, 15:36:05 WIB Oleh : Mira Habibah 781 View
Disdik Purwakarta Siap Merealisasikan Transisi PAUD-SD
Kamis, 06 Apr 2023, 15:36:05 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 729 View
Gelar MABIT! SMPN 1 Bungursari Akan Dihadiri Alumni Juga Lulusan Mesir Dan Gontor

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE