DISDIK FASILITASI PELATIHAN PROGRAM PEMBELAJARAN UNTUK TUTOR KESETARAAN

Kamis, 08 Agu 2019 | 14:20:02 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1241


DISDIK FASILITASI PELATIHAN PROGRAM PEMBELAJARAN UNTUK TUTOR KESETARAAN
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) gelar Pelatihan Penyusunan Program Pembelajaran Untuk Tutor Kesetaraan, di Aula Hotel Ciwareng Inn, Rabu (07/08) kemarin.


Beberapa praktisi pendidikan hadir sebagai narasumber. Diantaranya, Ibu Hj. Ucu Sambas, M.Si, Hari Supriadi, M.Pd dan Samsudin, S.Pdi. Di kesempatan itu puka hadir seluruh Tutor Kesetaraan Paket A, B, C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Purwakarta.


Kepala Bidang Paud Dikmas, Kodar Solihat menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini ialah meningkatkan kemampuan peserta agar dapat mengimplementasikan kurikulum 2013, baik dari sisi pembelajaran, penialaian, maupun manajemen.


"Supaya semua pihak bisa mengaplikasikan gerakan penumbuhan Budi Pekerti, literasi dalam pembelajaran serta meganalisis Dokumen kurikulum 2013. Hal ini sangat penting sekali, karena pendidikan kemasyarakatan seharusnya mampu menumbuhkan sisi kreatifitas peserta didik untuk menjawab tantangan Zaman yang semakin maju," jelasnya. 



Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto berkesempatan hadir untuk membuka kegiatan sekaligus memberikan arahan.


Dalam arahannya, Kadisdik Purwanto sangat mengapresiasi penyelenggaraan pelatihan. Menurutnya, pembelajaran di era sekarang ini tidak harus selalu terpaku di sekolah. Pembelajaran, lanjutnya, bisa dilakukan dimanapun kapanpun dengan teknologi informasi. Dia mencontohkan aplikasi 'Ruang Guru' di platform android yang mulai diterima oleh masyarakat luas saat ini. 


"Bidang PAUD da DIKMAS harus melakukan Terobosan, inovasi rekayasa design untuk mendorong pendidikan non formal ini menjadi pendidikan alternatif unggulan di kabupaten purwakarta. Ke depannya, harus dibuat program-program untuk peningkatan kapasitas pegelola PKBM baik tutor, pamong karena dari situlah akan lahir turunan dari program tersebut," demikian pesannya. (NC/Red)



Kamis, 08 Agu 2019, 14:20:02 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1388 View
PELETAKAN BATU PERTAMA TAJUG KAHURIPAN
Selasa, 06 Agu 2019, 14:20:02 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1428 View
DW DISDIK FOKUSKAN PROGRAM PENGUATAN KELUARGA
Selasa, 06 Agu 2019, 14:20:02 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 3882 View
KADISDIK PURWAKARTA LANTIK LIMA KEPALA SMP

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE