Bimtek Dapodik Tingkatkan Tugas dan Fungsi Operator Sekolah

Jumat, 13 Okt 2023 | 16:04:53 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 2701


Bimtek Dapodik Tingkatkan Tugas dan Fungsi Operator Sekolah
   

Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta pada hari Kamis s.d. Jum’at tanggal 12.s.d. 13 Oktober 2023 menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Dapodik Pendidikan Dasar yang dilaksanakan di Joglo Bojong Loa Purwakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 70 operator Dapodik SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd membuka kegiatan tersebut sekaligus memberikan arahan kepada peserta yang hadir.

Kadisdik mengatakan bahwa tugas operator sekolah bukan hanya mem-verpal atau meng-input dapodik saja tetapi juga tugas-tugas lain yang dibutuhkan oleh Dinas Pendidikan yaitu sebagai PR atau komunikan program-program Dinas Pendidikan, Kementrian dan BBPMP tentang semua informasi yang ada, karena guru belum tentu memegang semuanya dan perlu dibantu oleh Operator.

“Tugas lain operator adalah menyampaikan informasi-informasi baik untuk konsumen primer yakni guru-guru dan siswa maupun konsumen sekunder yaitu orang tua dan masyarakat. Apa yang dilakukan oleh sekolah-sekolah bapak ibu, Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta bisa dipahami oleh masyarakat atau instansi yang lain”. Ucap Kadisdik.

“Kita harus bisa memberikan efek lain terhadap kebijakan-kebijakan misalnya memitigasi problem-problem tata usaha sekolah termasuk kekerasan yang terjadi di sekolah lewat media sosial sekolah. Saya yakin kalau semuanya bergerak, kebijakan Dinas Pendidikan akan lebih masif. Makanya selain nanti bisa menyebarkan informasi lewat media sosial sekolah dan pribadi nanti manfaatnya akan banyak karena semua orang mengetahui informasi” demikian ungkap Kadisdik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber dan kegiatan-kegiatan lainnya. (MH/Red.)



Jumat, 13 Okt 2023, 16:04:53 WIB Oleh : Mira Habibah 1709 View
IKA UPI Purwakarta Gelar Kongres II, Purwanto Kembali Terpilih Sebagai Ketua
Jumat, 13 Okt 2023, 16:04:53 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 776 View
Job Fair SMKN 1 Plered !! Purwanto : Masyarakat Harus Bantu Sekolah Menjalankan Fungsinya
Kamis, 12 Okt 2023, 16:04:53 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 716 View
Pj. Bupati Benni Irwan Tegaskan Netralitas ASN Purwakarta Pada Pemilu dan Pilkada 2024

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE