Anyaman Bambu, Pelatihan Kewirausahaan Peserta Didik SMPN 2 Pondoksalam

Kamis, 12 Okt 2023 | 10:30:47 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 703


Anyaman Bambu, Pelatihan Kewirausahaan Peserta Didik SMPN 2 Pondoksalam
   

Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari Struktur Kurikulum Merdeka. Peserta didik diharapkan menjadi generasi muda yang tangguh, inovatif, kreatif dan tetap memegang teguh nilai-nilai ketimuran.

Dalam rangka mengimplementasi Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5), SMPN 2 Pondoksalam membuat sebuah program kegiatan yang bertema Kewirausahaan, yaitu dengan memilih kegiatan yang menumbuhkan kreatifitas siswa yaitu membuat kerajinan dari bambu berupa anyaman.

Menurut Dwi Rachmayani, M.Pd selaku Kepala SMPN 2 Pondoksalam mengatakan bahwa pemilihan membuat anyaman bambu sebagai kegiatan P5 yang mulai dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun 2023 karena melihat banyaknya pohon bambu yang tumbuh di sekitar sekolah. Faktor lainnya karena banyak pengrajin bambu yang berada di sekitar sekolah.

“Prosesnya terlebih dahulu membentuk tim koordinator dan fasilitator kemudian membuat modul. Awalnya anak-anak berlatih dengan kertas dan bungkus cangkang kopi kemudian dianyam menjadi tikar. Kemudian setelah mulai terbiasa, anak-anak menggunakan bambu yang telah di belah tipis-tipis untuk mengayam” ujar Dwi.

Beberapa hasil anyaman yang sudah dihasilkan antara lain tempat pinsil, tempat tissue, tikar kecil dan tempat untuk menaruh ikan yang biasa disebut Bubu. (MH/Red.)



Selasa, 10 Okt 2023, 10:30:47 WIB Oleh : Mira Habibah 985 View
Tumbuhkan Literasi Melalui Majalah Digital Sekolah SMPN 2 Plered
Kamis, 05 Okt 2023, 10:30:47 WIB Oleh : Mira Habibah 1513 View
Supervisi menjadi Quality Control Layanan Pendidikan
Rabu, 27 Sep 2023, 10:30:47 WIB Oleh : Mira Habibah 757 View
Lahan yang Luas, SMPN 1 Bojong Miliki Dua Lapangan

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE