Motivasi dan Produktivitas Belajar Siswa Kelas Akhir
Menghadapi UNBK

Senin, 24 Feb 2020 | 10:15:34 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 7413


 Motivasi  dan Produktivitas  Belajar Siswa Kelas Akhir
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Motivasi berasal dari bahasa Latin "movere", yang berarti menggerakkan. Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan, dan penghormatan. Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris "motivation" yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan. Jadi motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan; menyelesaikan; menghentikan; dsb, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.                         

 

Sementara pengertian motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai (Sardiman, 1986: 75). Fungsi motivasi belajar, menurut Nasution (1982:77) yaitu: 1. Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak motor yang melepas energi. 2. Menentukan arah perbuatan, yakni kearah tujuan yang hendak dicapai. 3. Menyeleksi perbuatan yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.                         

 

Terdapat beberapa cara untuk membangkitkan motivasi belajar pada diri siswa dalam melakukan aktivitas belajarnya  antara lain : Para  siswa  harus  menumbuhkan  hasrat untuk  terus belajar yang  didukung oleh  orang tua dan para gurunya, guru dan orang tua memberikan  kepada  siswa pujian dan penghargaan, terus menumbuhkan  minat belajar dan menciptakan suasana  belajar yang menyenangkan. Para siswa yang baik secara emosional akan jauh lebih mampu memotivasi belajarnya dibandingkan dengan para siswa yang dipenuhi keraguan, kecemasan. Para siswa yang mempunyai motivasi diri belajar yang baik adalah siswa yang mempunyai cita-cita, kedinamisab dan tekun mencurahkan diri untuk mencapai cita-cita dalam belajarnya. Para  siswa di tingkat kelas VI, IX dan XII sebentar  lagi  menghadapi UNBK. Mereka  harus  mempunyai  motivasi yang  baik, kunci sukses dalam UNBK adalah mengembangkan dan membuat rencana jangkauan ke depan, yaitu lulus Ujian Nasional dengan jujur sehingga akan otomatis memotivasi diri sendiri. Motivasi yang tepat akan membuahkan hasil yang memuaskan dan menggembirakan, yaitu lulus Ujian Nasional dan lulus dari sekolah. Selain  menumbuhkan motivasi belajar,  usaha lain  untuk  mendapatkan  hasil  memuaskan di UNBK nanti  yaitu dengan  cara meningkatkan produktivitas belajar  karena  hal  ini  sangat penting, produktivitas berarti siswa mengerjakan apa yang diharapkan dan menyelesaikan pekerjaan dalam belajar. Produktivitas belajar merupakan salah satu unsur utama dalam kepuasan belajar. Mulailah melakukan diskusi kecil  dan berbicara  dengan teman yang lebih pandai dalam belajar dan mencoba mengikuti strategi yang mereka gunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam belajar lalu bersikap antusias dan serius  serta  inovatif  terhadap belajar dengan sungguh-sungguh. Upaya yang keras bermula dari ketekunan yang bisa menguatkan kelemahan kita sebagai siswa dan memberikan peluang menuju peningkatan dalam mencapai tujuan belajar. Orang yang tekun akan memperkuat dirinya untuk mencapai suatu tujuan yang berharga (sukses belajar) dan tidak akan dikuasai oleh rasa  cemas  dan frustasi. Semoga motivasi  dan produktivitas  belajar  sudah  tertanam  di semua siswa terutama siswa  kelas VI, IX dan  XII  yang siap  menghadapi  UNBK  tahun ini. 

 

Oleh :  Isep Suprapto (SMP Negeri 2 Plered)

Daftar Pustaka
Esti, Sri.1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo
Nasution. 1982. Teknologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara


https://www.abkin.org/news/read/80/kondisi-psikologis-siswa-dalam-menghadapi-ujian-nasional-cara-mengatasinya.html



Senin, 24 Feb 2020, 10:15:34 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 17973 View
MILAD SEKOLAH, PENTINGKAH BAGI SISWA ?
Senin, 24 Feb 2020, 10:15:34 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 2806 View
PENGKOLAN CARUNGANGKANG ku Agus Mulyana
Kamis, 20 Feb 2020, 10:15:34 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 406 View
MISTERI LUKISAN ANTIK

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE