Ayo Kita Berkebun

Rabu, 03 Feb 2021 | 12:33:36 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 376


Ayo Kita Berkebun
   


Oleh: Manpan Drajat

Ada sebuah trend baru di masa pandemik ini yaitu memelihara tanaman hias dan berkebun. Di tempat-tempat penjualan bunga biasanya hanya sesekali saja mobil dan motor parkir untuk membeli bunga atau tanaman hias lainnya, sekarang malah ada tukang parkir yang membantu pembeli karena banyaknya kendaran yang parkir. Mungkin ini akibat terlalu lama bekerja dari rumah sehingga membuat masyarakat menjadi jenuh, untuk mengalihkan kejenuhan ini mereka melakukan kegiatan yang bermanfaat diantaranya berkebun atau memelihara bunga. 


Ini adalah sebuah trand bagus yang harus dilestarikan walaupun pandemic ini isya Allah telah usai nanti. Kegiatan farming (menanam untuk dipanen) atau gardening (menanam sebagian bisa dipanen dan ada nilai estetisnya) adalah aktivitas yang sangat positif, tidak hanya bermanfaat bagi pelakunya tentu sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. 


Namun, jangan anggap remeh kegiatan berkebun ini. Ada banyak manfaat dari kegiatan berkebun, tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak juga bagi orang dewasa. Telah banyak riset yang sudah dilakukan berkenaan dengan manfaat kegiatan berkebun. Oleh sebab itu tidak sedikit lembaga-lembaga pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri memasukkan kegiatan bekebun menjadi kurikulum sekolah bahkan sejak dari pendidikan anak usia dini.


Diadaptasi dari berbagai sumber, paling tidak ada beberapa manfaat berkebun bagi anak-anak diantaranya yaitu; dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, meningkatkan imunitas tubuh, melatih motorik kasar dan halus, menambah ilmu dan pengetahuan, melatih kesabaran dan tanggung jwab, dan tidak kalah penting adalah menanamkan rasa cinta terhadap alam ini.


Sementara manfaat berkebun bagi orang dewasa adalah; menurunkan berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan otak. Bahkan, menurut hasil penelitian Judie (2016) terapi berkebun dapat menurunkan depresi. Kegiatan berkebun sudah dijadikan therapi bagi pasien tertentu yang memiliki manfaat bagi empat area dasar yaitu kognitif, sosial, psikologis dan fisik (Friend Hospital, 2015).


Semua manfaat berkebun di atas dapat di pahami secara logis, juga bisa dibuktikan secara ilmiah, sudah banyak jurnal-jurnal yang membahasnya. Dengan demikian maka, berkebun tidak hanya membuat lingkungan menjadi asri, tetapi membuat tubuh kita menjadi  sehat, sehat secara pisik dan mental. Bagi orang medis berkebun adalah teraphi, bagi pendidik berkebun adalah pendidikan dan pembelajaran. Wallahu a’lam…



Kamis, 28 Jan 2021, 12:33:36 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 615 View
BERUBAH 1% UNTUK SUKSES 100%
Selasa, 26 Jan 2021, 12:33:36 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1150 View
Mengenal Eco Enzyme ; Cairan Ajaib Pengurai Limbah
Minggu, 24 Jan 2021, 12:33:36 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1008 View
HILIWIR ANGIN PEUTING

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE