Purwanto: PPG Prajabatan Jalan Terang Pendidikan Indonesia

Jumat, 17 Mei 2024 | 14:41:37 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 925


Purwanto: PPG Prajabatan Jalan Terang Pendidikan Indonesia
   

Purwakarta, (17/05/2024) –  Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) UPI Bandung bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta pada hari Kamis, 16 Mei 2024 mengadakan Seminar Pendidikan dan Proyek Kepemimpinan yang berlangsung di Bale Mandalawangi SKB Purwakarta.

Kegiatan yang mengambil tema “Menyela Untuk Mempelajari , Memimpin untuk Menginspirasi”  menghadirkan narasumber dari Fakultas MIPA UPI Bandung antara lain, Harsa Wara Prabawa, S.Si, M.Pd, Prof. Lala Septem Riza, M.T, Ph.D dan Drs. Eka Fitrajaya Rahman, M.T . Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr.H. Purwanto, M.Pd. membuka secara resmi kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta.

PPG menurut Purwanto harus menjadi titik terang, menjadi sesuatu yang mencerahkan bagi kemajuan Pendidikan di Indonesia. PPG harus menjadi kelayakan seseorang menjadi guru dan bisa menjadi jalan terang bagi Pendidikan di negara kita.

“Mahasiswa PPG Pra Jabatan sebaiknya memiliki riwayat prestasi, kecakapan serta keunggulan serta bisa menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang mewah yang nantinya menjadi rebutan sekolah-sekolah agar mau mengajar di sekolah tersebut”

Purwanto juga berharap, PPG Prajabatan melahirkan guru-guru yang mampu memberikan inpsirasi kepada anak-anak, menciptakan ekosistem kelas, pendidikan yang tumbuh secara generatif, guru-guru yang mau mendengarkan anak-anaknya dan melihat apa yang dibutuhkan oleh anak-anak, orang tua dan Masyarakat.

“Guru yang inspiratif dan bisa membawa pembelajaran-pembelajaran yang kontekstual sangat diharapkan oleh Kurikulum Merdeka. Guru-guru bisa menjabarkan, mengorganisir dan menjadi arsitek sosial di kelas masing-masing. Guru-guru juga harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi untuk pembelajaran karena jika tidak maka sekolah-sekolah tidak akan mengalami kemajuan.

Terakhir menutup sambutannya Purwanto berharap satuan Pendidikan bisa ekosistem yang bisa menjawab semua kebutuhan.

“Satuan pendidikan harus menjadi ekosistem yang bisa menjawab semua kebutuhan, tantangan dan menggapai masa depan yang diharapkan oleh umat manusia” demikian menurut Purwanto. (MH/Red)



Jumat, 17 Mei 2024, 14:41:37 WIB Oleh : Mira Habibah 650 View
Ayo Dukung Video Kebijakan Merdeka Belajar Disdik Purwakarta
Kamis, 16 Mei 2024, 14:41:37 WIB Oleh : Mira Habibah 740 View
Gelar Karya SMPN 1 Pasawahan: Semangat Berkarya Semangat Berekspresi
Kamis, 16 Mei 2024, 14:41:37 WIB Oleh : Mira Habibah 814 View
SDN 1 Wanasari: Aksi Nyata PMM Bantu Tingkatkan Kompetensi dan Prestasi Guru

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE