MAKANAN DAERAH

Senin, 01 Apr 2019 | 14:56:54 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 2635


MAKANAN DAERAH
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Pulaunya yang kaya akan hasil sumber daya alam, dan penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, yang menjadikan Indonesia kaya akan ciri khas makanan yang berbeda beda dari setiap daerahnya.

Indonesia kaya akan makanan daerah, terbukti dari banyaknya pulau di Indonesia dan tersedianya rempah-rempah yang berlimpah yang membuat masyarakatnya sangat mudah tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membuat makanan khas daerah.

Tiap daerah memiliki ciri khas makanan dari mulai yang basah, kering, gurih asin, pedas dan manis, yang membuat makanan khas Indonesia terkenal ke berbagai Negara, karena cipta rasanya yang enak dan sekaligus terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

Makanan Indonesia tidak kalah dengan makanan luar, karena makanan Indonesia lebih beragam dari mulai rasa, cara pembuatan yang membuat turis asing tertarik untuk mencoba makanan khas daerah Indonesia, namun tidak banyak generasi muda lebih menyukai makanan luar karna terbawa oleh arus globalisasi. Oleh karena itu generasi muda harus tetap melestarikan makanan khas daerah Indonesia supaya tidak tergeser dengan makanan luar.

Dengan adanya era globalisasi makanan luar banyak berkembang di Indonesia entah itu makanan Prancis, Italia yang sudah banyak ditemukan di Café, Foodtruck, dan restoran luar negeri yang ada di Indonesia dengan adanya era globalisasi ini kita generasi muda Indonesia harus mempertahankan ciri khas makanan dari setiap daerah jangan sampai tergeser oleh makanan luar negeri, karena generasi  muda zaman sekarang mudah terbawa oleh arus globalisasi.

Sebagai generasi muda sebenarnya tidak usah susah untuk bisa melestarikan makanan khas Indonesia, karena dengan cara mencintai makanan khas daerah Indonesia seperti rending, pempek, kerak telor, gudeg dan masih banyak lagi kalian para generasi muda sudah sangat banyak melestarikan makanan khas daerah Indonesia.

Salah satu melestarikan makanan Indonesia dengan adanya lomba membuat makanan khas Indonesia, yang diadakan oleh tingkat sekolah maupun tingkat nasional. Bisa juga dibuat di rumah bersama keluarga supaya lebih jauh mengenal tentang makanan khas daerah, dan menjadikan makanan khas daerah lebih terkenal di mancanegara, bukan malah makanan tradisional tergeser karena adanya makanan dari luar seperti Pizza, Pasta, Kimchi da masih banyak lagi, yang sudah mulai menguasai pasar-pasar di Negara Indonesia, apalagi dengan generasi muda yang sangat mudah tertarik oleh era globalisasi mulai dari gaya berpakaian, pola hidup dan termasuk juga makanan daerah yang mulai tergeser dengan adanya makanan dari luar yang sudah masuk ke Indonesia.

Jadi kita harus melestarikan dan mencintai makanan khas daerah Indonesia, dan juga kita harus mempertahankan makanan tradisional Indonesia yang sudah menjadi ikon makanan terlezat di dunia, seperti rendang. Kalau bukan kita siapa lagi.

Banggalah menjadi masyarakat Indonesia dan bangga dengan budaya Indonesia, diantaranya bangga dengan makanan khas tradisional daerah Indonesia yang sangat beraneka ragam.

Ditulis oleh : Dedeh Deswita 
(Komunitas Literasi Sekolah Purbasari SMPN 1 Babakancikao)



Senin, 01 Apr 2019, 14:56:54 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 15699 View
AKREDITASI SEKOLAH
Rabu, 27 Mar 2019, 14:56:54 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 5070 View
Bad Feeling Create Bad Action
Rabu, 27 Mar 2019, 14:56:54 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2155 View
THE MOST POPULAR HANDICRAFT IN PURWAKARTA – IT IS EXIST OR EXTINCT ?

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE