KAMPANYEKAN PERMAINAN TRADISIONAL, SDN 8 CISEUREUH GELAR GIAT ULIN DI KAHURIPAN

Selasa, 12 Mar 2019 | 15:50:53 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1983


KAMPANYEKAN PERMAINAN TRADISIONAL, SDN 8 CISEUREUH GELAR GIAT ULIN DI KAHURIPAN
   

Disdik.purwakartakab.go.id – sebanyak 100 siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) se-Kecamatan Purwakarta mengikuti kegiatan bertajuk “Ulin di Kahuripan” yang digelar Sekolah Dasar (SD) Negeri 8 Ciseureuh Purwakarta, Selasa (12/03).  

Dari amatan langsung di lokasi, giat “Ulin di Kahuripan” diisi beraneka-ragam kegiatan mulai dari lomba mewarnai, menangkap ikan, permainan tradisional dan pagelaran seni tari.

Kepala Sekolah SDN 8 Ciseureuh, Pepi Ramahsari mengatakan, kegiatan “Ulin di Kahuripan” merupakan kegiatan yang ke-dua kalinya dilakukan di  lingkungan sekolahnya. Lebih lanjut, kata dia, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Tujuan dari kegiatan ini agar anak-anak di tengah kota mengetahui bahwa masih ada lingkungan yang belum mereka ketahui, yaitu sekolah yang berbasis pendidikan kearifan lokal, seperti pertanian, perikanan, ada sawah dan empang. Mereka akan menikmati belajar di ruang kelas dengan suasana alam terbuka,” tandasnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto yang berkesempatan hadir langsung menuturkan, kegiatan ini seirima dengan spirit “Pendidikan Karakter” yang menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Ia menegaskan, ke depan dirinya akan terus berupaya menata sekolah agar semakin matang sebagai konsep “sekolah wisata”.

“Nanti ada orang yang datang dari luar kabupaten Purwakarta, melihat apa yang berkembang di Purwakarta. Maka, yang dijadikan percontohan adalah SDN 8 Ciseureuh Kahuripan Padjadjaran,” ujarnya yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin. 

Dia meneruskan, SDN 8 Ciseureuh berdiri sejak tahun 2003 silam. Kadisdik Purwanto mengaku tahu persis sejarah dan filosofi SDN 8 Ciseureuh. 

“Sehingga, saya memiliki keterkaitan emosional dengan sekolah ini. Kita akan memberikan perhatian terus untuk perkembangan sekolah ini,” tegasnya. 

Dia tak luput menekankan kepada Kepala Sekolah agar mampu mengelola sekolah, lingkungan sekolah, mengembangkan anak-anaknya dengan baik. Dinas Pendidikan, lanjutnya, sudah menempatkan guru-guru yang berprestasi disini untuk mengembangkan sekolah kahuripan. 

“Sekolah ini memiliki potensi luar biasa, sekolah yang mempunyai sawah, kolam dan alam terbuka, jika sekolah ini kita kembangkan bersama dengan lingkungan, RT, RW, Komite sekolah, akan menjadi sekolah yang luar biasa.  Sekolah ini harus tumbuh menjadi sekolah yang membanggakan, sekolah yang memiliki lingkungan hidup dengan alam terbuka, anak-anak kita didik melalui pembiasaan dikelas dengan pembelajaran yang baik dikelas terintegrasi antara pendidikan karakter dengan materi-materi pembelajaran lingkungan,” demikian runutnya. (NC/Red)



Rabu, 06 Mar 2019, 15:50:53 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1932 View
FIRDA DESRIYANI GURU KREATIF AJAK PESERTA DIDIK BERSENYAWA DENGAN ALAM
Senin, 18 Feb 2019, 15:50:53 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2221 View
PESBAKERS WUJUD INTEGRITAS SMPN 3 PASAWAHAN
Senin, 18 Feb 2019, 15:50:53 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2212 View
Potret Program BERAS KAHEMAN SMP N 5 Purwakarta

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE