UPTD SMPN 1 Cibatu Gelar IHT Peningkatan Kompetensi Berbasis TdBA

Rabu, 20 Okt 2021 | 11:34:46 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 214


UPTD SMPN 1 Cibatu Gelar IHT Peningkatan Kompetensi Berbasis TdBA
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto hadir langsung pada kegiatan In House Training (IHT) Peningkatan Kompetensi Abad 21 Berbasis Tatanen di Bale Atikan UPTD SMPN 1 Cibatu, Rabu, di aula sekolah.  

Dari amatan langsung, pada kegiatan ini hadir sejumlah narasumber seperti Nurdin Cahyadi, S.Kom, Heri Wijaya, S.Pd. MM. Mereka menjelaskan Konsep Dasar Tatanen dj Bale Atikan. Sementara, para peserta yang terlibat adalah warga UPTD SMPN 1 Cibatu. 

Dalam arahannya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menegaskan bahwa kegiatan ini harus membuahkan hasil. Subtansi dari kegiatan ini adalah sekolah mampu melakukan perubahan perilaku dan pembiasaan  sesuai dengan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. 

“Dari seluruh rangkaian kegiatan apapun baik dari kemendikbud itu semua bermuara kepada peserta didik, end usernya adalah untuk siswa-siswi. Dari kegiatan IHT ini, harus ada perubahan prilaku budaya belajar, seperti perilaku cara mengajar, perilaku budaya sekolah, dan semakin terintegrasinya pembiasaan 7 Poe Atikan Istimewa dalam praktek penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Warga sekolah harus berdiskusi untuk mengaktualisasikan branding sekolah untuk kemajuan, merumuskan budaya sekolah, pembiasaan disekolah,” katanya.  

KADISDIK PURWANTO JELASKAN 7 POE ATIKAN ISTIMEWA. 

Kadisdik Purwanto tak luput mengingatkan ihwal kebijakan “7 Poe Atikan Istrimewa” yang secara konseptual diterjemahkan menjadi : Senen Ajeg Nusantara, Salasa Mapag Buana, Rebo Maneuh di Sunda, Kamis Nyanding Wawangi, Jumaah Nyucikein Diri, Sabtu-Minggu Betah di Imah. 

Pembiasaan kebijakan tersebut, singgung dia, harus terus dilaksanakan dengn konsisten oleh seluruh sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. 

“Sekolah harus mampu berkolaborasi dengan komunitas setempat, dan memanfaatkan potensi lingkungan setempat.  SMPN 1 Cibatu harus menjadi sekolah model Berkesenian yang memiliki identitas dan karakter kesundaannya. Mari sambut Indonesia emas 2045, kita bisa menyambut dengan baik jika sekolah, peserta didik melakukan pembiasaan dan merubah prilaku budaya sekolah dengan kebijakan 7 Poe Atikan Istimewa, Hidup Sehat, Belajar dengan Baik, Anak-anak membawa bekal makanan ke sekolah, menjaga makanan nya, Membawa bekal dari rumah kita ingin menanamkan nilai kasih sayang orangtua dengan anaknya.  Kita harus memiliki konsistensi dalam menerapkan kebijakan 7 Poe Atikan Istimewa. Kebudayaan itu akan lahir dari pembiasaan yang dipaksakan. Kita harus memiliki optimisme untuk menyongsong generasi masa emas,” begitu ulasnya. (NC/Red)



Senin, 18 Okt 2021, 11:34:46 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 330 View
KADISDIK JELASKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN : WORKSHOP PEMBELAJARAN BERBASIS TdBA
Sabtu, 16 Okt 2021, 11:34:46 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 439 View
Purwanto buka TOT Proktor ANBK SD
Rabu, 13 Okt 2021, 11:34:46 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 374 View
15 Mahasiswa Magister Hasil Kerjasama Disdik Purwakarta dan UPI Diwisuda

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE