SEREMONIAL TRADISIONAL PERPISAHAN LULUSAN SDIT CENDEKIA ANGKATAN KE VI

Senin, 23 Mei 2022 | 11:54:45 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 609


SEREMONIAL TRADISIONAL PERPISAHAN LULUSAN SDIT CENDEKIA ANGKATAN KE VI
   

By Ida Kholidah, S. Ag.

 _HeadLine News : SDIT Cendekia Lahirkan Profile Pemuda Pancasila_

Ahad pagi, 22 Mei 2022  SDIT Cendekia  menjadi  sekolah pertama di kabupaten Purwakarta yang menggelar kegiatan Pelepasan dan perpisahan wisudawan wisudawati angkatan ke-VI dengan pembawa acara Lia Marlani, S. Pd.

 (guru kelas) dan Nuratifah H, S. S. Pd. (guru bahasa Arab). Acara dimulai dari pukul 07.00 s/d selesai dengan susunan acaranya : Penampilan kreasi siswa dari kelas 2 berupa tari jaipong Pembukaan oleh kepala Dinas Pendidikan, pembacaan ayat suci Al-qur'an oleh siswi kelas 5, berdoa oleh Aman Wijaya, S. Pd. I., kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Yayasan YASRI DR. Agus Muharram, M. Pd. dan sambutan ketua panitia Hari Puji Hatmoko, S. Pd.. Aacara terakhir adalah acara seremonial  pelepasan dan perpisahan kelas VI secara tradisional sunda.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepada Dinas Pendidikan Purwakarta DR. H. Purwanto, M. Pd. Beliau menyampaikan bahwa SDIT Cendekia yang dipimpin oleh DR. Agus Muharram, M. Pd. "yakin lulusannya mampu melahirkan profile pemuda pancasila yang cerdas dan pandai membaca dan menulis Al-qur'an." Sekolah ini dari sejak pertama masuk sudah membiasakan membaca bahkan menghafal Al-qur'an serta sholat dhuha sebelum pembelajaran dimulai, hal ini dimaksudkan untuk membina mental spiritual peserta didik agar mempunyai pondasi keimanan yang kuat.

Sebagai ketua Yayasan DR. H. Agus Muharram, M.pd. memaparkan "tujuan utama dari pendidikan di SDIT Cendekia yaitu melahirkan siswa yang beriman dan bertaqwa",  selain itu beliau juga menyampaikan prestasi sekolahnya yaitu "sudah melahirkan 250 hafidz yang merupakan kontribusi besar untuk Purwakarta, prestasi lain juga pernah menjuarai olimpiade matematika dan IPA" serta beberapa kejuaraan dalam bidang olah raga salah satunya taekwondo dengan perolehan medali emas cabang speed kicking tingkat nasional oleh Avicena R. Muchlis tahun 2021 lalu. Beliau menambahkan "Prestasi siswa ini tidak luput dari prestasi guru-gurunya yang handal dengan rata-rata nilainya comlaude serta sedang / sudah mengikuti program magister, seperti Pa Anggi, Pa Teten, Pa Ghulam ataupun Pa Ade Syarifudin, S. Pd. yang sekarang menjadi kepala sekolah SDIT Cendekia sebagai guru penggerak nasional, serta guru-guru lainnya yang juga mempunyai prestasi.  Guru-guru SDIT Cendekia mempunyai dedikasi serta loyalitas yang tinggi terhadap sekolah sehingga bisa membimbing peserta didik dengan maksimal." Seperti halnya guru kesayangan kelas 6C ibu Gina Permatasari, S. Pd. yang selalu rajin penuh kesabaran memantau peserta didiknya melalui grup whatsapp saat pembelajaran jarak jauh. Sebagai kata akhir selain beliau menitipkan beberapa pesan  juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua atas  kepercayaannya selama ini kepada Cendekia. 

Acara diselingi penampilan pidato dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab oleh siswa kelas 4. Kemudian acara dilanjutkan dengan acara seremonial secara tradisional perpisahan mengusung konsep rombongan penganten yang dijemput oleh lengser (Pa Dian) dan Nyai lengser ( Pa Zalva ) khas Sunda.

Yang tidak kalah penting dan mengharukan menyentuh qalbu hingga meneteskan air mata adalah acara sungkeman kepada orang tua dan guru sebagai acara penutup yang dipimpin oleh guru bahasa Indonesia Mita Sukma Nurjanah, S. Pd. 

Wallaahu a'lam
Baarakallah lana wa lakum



Sabtu, 09 Apr 2022, 11:54:45 WIB Oleh : Ahmad Jupri 840 View
Purwanto Beri Orientasi Pengajar Praktik Guru Penggerak Asal Purwakarta
Selasa, 08 Mar 2022, 11:54:45 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1027 View
RINI MULIAWATI DAPATKAN PENGHARGAAN GURU BERPRESTASI
Minggu, 20 Feb 2022, 11:54:45 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 854 View
PEMBELAJARAN KREATIF LITERASI MATA PELAJARAN PAI METODE KARYA WISATA BERBASIS TdBA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE