Semarak Ramadhan, Siswa SMPN Cibatu 3 Tidak Hanya Pesantren di Sekolah

Selasa, 19 Mar 2024 | 11:48:10 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 169


Semarak Ramadhan, Siswa SMPN Cibatu 3 Tidak Hanya Pesantren di Sekolah
   

Purwakarta, (19/03/2024) – SMPN 3 Cibatu Purwakarta menggelar sejumlah kegiatan selama bulan Ramadhan 1443 dalam rangka mensukseskan dan mendukung program Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh siswa dan guru serta berkolaborasi dengan beberapa ustadz yang berdomisili di sekitar sekolah.

Guru PAI SMPN 3 Cibatu Asep Supriatna mengatakan kegiatan Ramadhan diawali dengan shalat Dhuha kemudian dilanjutkan dengan tadarus bersama, mengkaji kitab kuning melalui Linuhung TV dan ceramah yang berhubungan dengan empat materi yaitu akidah, akhlak, Al-Quran dan  hadist.

“Pemateri ceramah sekolah berkolaborasi dengan beberapa ustadz yang tinggal di dekat sekolah. Jadi guru memberikan ceramah materi akhlak sedangan ustadz untuk materi akidah” jelasnya.

Selain itu masih menurut Asep, pemahaman materi keagamaan juga diwajibkan kepada siswa untuk dilaksanakan di luar sekolah dengan mengikut pasantren yang terletak di lingkungan rumahnya. Hal ini dilakukan agar selama Ramadhan siswa mengerjakan kegiatan positif untuk memperbanyak pahala mereka termasuk saat di rumah dan agar jangan ada jeda melakukan perbuatan tidak baik.

Sementara menurut Eko Sukaesih, dengan adanya pesantren Ramadhan ini diharapkan siswa bisa menguatkan jiwa religiusnya dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Dengan kegiatan pesantren Ramadhan, siswa-siswi SMPN 3 Cibatu semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik, lebih takwa dan terus melakukan kegiatan positif tidak hanya di  bulan  Ramadhan tetapi juga di kehidupannya sehari-hari” demikian menurut Eko. (MH/Red)



Senin, 18 Mar 2024, 11:48:10 WIB Oleh : Mira Habibah 268 View
Pesantren Ramah Ala SDN Ciparungsari
Senin, 18 Mar 2024, 11:48:10 WIB Oleh : Mira Habibah 209 View
Kadisdik Resmi Membuka Pesantren Ramadhan 1445 Hijriah
Kamis, 14 Mar 2024, 11:48:10 WIB Oleh : Mira Habibah 236 View
SMPN 2 Pasawahan; Semangat Kembali Ke Sekolah Saat Berpuasa dan Cuaca Mendung

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE