SDN 1 Nagrikidul, Berliterasi Melalui Lagu

Selasa, 13 Feb 2024 | 14:23:33 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 448


SDN 1 Nagrikidul, Berliterasi Melalui Lagu
   

Purwakarta, (12/02/2024) – Kurikulum Merdeka Belajar hadir untuk mengali potensi yang ada pada guru, sekolah dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri dengan membuat inovasi-inovasi baru sehingga saat pembelajaran suasananya menjadi menyenangkan dan pembelajarannya disukai oleh peserta didik.

Hayatinnupus, M.Pd, guru kelas 1 SDN 1 Nagrikidul Purwakarta menghadirkan pembelajaran dengan literasi musik. Pemilihan literasi musik dikarenakan musik memiliki manfaat dalam perkembangan belajar siswa sekolah dasar diantaranya terhadap hasil belajar, emosional, daya ingat dan konsentrasi. Cara ini diharapkan anakanak pada usia dini dapat secara efektif menyerap dan memahami proses pembelajaran di sekolah pada setiap harinya.

Ibu Nupus begitu sapaannya menciptakan dua lagu yang berjudul “Aku Suka Baca” dan “Ayo Jaga Kebersihan” yang dinyanyikan oleh peserta didiknya dan sudah diupload di Youtube SDN 1 Nagrikidul. Lagu tersebut berisi pesan Pendidikan dengan tujuan untuk dapat menstimulus belajar anak kelas 1 SD dan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

“Lagu Ayo Jaga Kebersihan diharapkan peserta didik kelas 1 lebih mudah memahami tentang menjaga kebersihan dan memilih sampah organik dan non organik sehingga terbiasa membuang sampah sesuai dengan jenis yang mereka pilih”

“Lagu Aku Suka Baca diciptakan agar sejak kelas 1, peserta didik terbiasa membaca buku. Dampak dari lagu tersebut ternyata sangat besar, peserta didik terbiasa membaca buku selama 15 menit sebelum pembelajaran di mulai lalu merangkum cerita dari buku tersebut. Salah satu peserta didik bahkan pernah merangkum 30 cerita” ungkap Nupus.

Kepala SDN 1 Nagrikidul Syarif Hendriana, M.Pd mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Ibu Nupus dan guru-guru sekolahnya yang kreatif karena mampu menyesuaikan diri dengan peserta didiknya masing-masing.

“Dengan karakteristik kelas 1, Ibu Nupus berhasil membuat kreativitas pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan peserta didiknya. Mampu mengembangkan literasi berbasis musik yang dikaitkan dengan program TdBA sehingga lebih bermakna dan peserta didik lebih mudah memahami secara teori maupun praktek terkait konsep TdBA.

Berikut lirik lagu “Ayo Membaca” yang diciptakan oleh Ibu Nupus dan dinyanyikan oleh Siena Dewi Larasati

Aku Suka Baca

Aku baca buku 2x

Aku jadi pandai

Aku baca buku2x

Aku banyak ilmu

Ayo teman-teman 2x

Bacalah buku

Dengan membaca buku

Kita jelajah dunia

(Di ulang)

 

Hari ini baca buku

Besok juga baca buku

Lusa baca buku

Selamanya baca buku

 

Hari ini baca buku

Besok juga baca buku

Lusa baca buku

Kita jelajah dunia

 

Cita-cita kan tercapai

(MH/Red.)



Senin, 12 Feb 2024, 14:23:33 WIB Oleh : Mira Habibah 189 View
Apel Pagi, Dukung Pesta Demokrasi Tetap Jaga Kebersihan Dan Keamanan Fasilitas Sekolah
Senin, 12 Feb 2024, 14:23:33 WIB Oleh : Mira Habibah 695 View
Musikalisasi Puisi Bersama Panji Sakti Penanda Kesejukan
Sabtu, 10 Feb 2024, 14:23:33 WIB Oleh : Mira Habibah 401 View
Pagi di Rumah Tumbuh

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE