Resmikan Tajug Tri Tangtu, Purwanto Sebut Wujud Keimanan Keislaman dan Keikhsanan

Jumat, 07 Jan 2022 | 18:58:15 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 429


Resmikan Tajug Tri Tangtu, Purwanto Sebut Wujud Keimanan Keislaman dan Keikhsanan
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto berkesempatan hadir meresmikan langsung Tajug Tri Tangtu, areal ini juga segera dibangun gedung diklat Bale Guru PGRI Kabupaten Purwakarta yang beralamat di jalan raya sadang Perumahan Purna Yudha Permai Desa Ciwangi, Bungursari - Purwakarta.

Peresmian dilaksanakan Jumat (07/01). Bersamaan, acara ini juga disiarkan melalui Live Streaming kanal YouTube Linuhung TV.

Dari amatan langsung, peresmian mesjid disimbolisasikan dengan pemotongan tumpeng. Dihadiri oleh Ketua dewan pendidikan, Kepala Desa Ciwangi, Pengurus PGRI Kabupaten Purwakarta, Ketua Cabang PGRI se- Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutannya, Purwanto bersyukur karena bisa berkumpul bersama dalam peresmian mesjid.

"Saya sampaikan areal ini akan dijadikan areal Pusdiklat (Pusat Pendidikan dan Pelatihan) PGRI Kabupaten Purwakarta. Tempat pelatihan Guru, ada Mes nya, ada aulanya. Kita tidak lagi harus menggunakan sarana Hotel, sebab kita nanti juga punya sarana wisma," katanya.

Masih ulasnya, areal ini juga nanti akan dijadikan sekretariat PGRI kecamatan Purwakarta dan Kecamatan Bungursari . 

"Penataan kawasan ini dimulai dengan pembangunan Tajug Tri Tangtu. Tajug ini alhamdulilah sudah selesai, mewujud menjadi Bangunan Tajug dengan menggunakan biaya darei infaq sodakoh dari bapak/ibu guru keluarga besar PGRI Kabupaten Purwakarta," ujarnya.

FILOSOFI TRI TANGTU

Ia tak luput menjelaskan filosofi nama "Tri Tangtu". Menurutnya, "tri tangtu" merefleksikan tiga nilai dasar yang harus kita miliki yakni Keimanan, Keislaman dan keikhsanan. 

"Iman, Islam, Ikhsan atau dalam terminologinya kang Asep Salahudin ada tiga juga yaitu Keislaman, KeIndonesiaan dan Kesundaan. Nah ini adalah symbol dari itu semuanya. Keimanan, Keislaman dan keikhsanan kita yang harus mewujud dikalangan para guru para siswa para kepala sekolah di kabupaten Purwakarta," ungkapnya.

Termasuk, ihwal kenapa mesjid dulu yang dibangun, hal demikian juga punya alasan kuat. Dia mengatakan, pertimbangannya adalah agar di area ini segera ada dinamika yang bermanfaat.

"Mengapa dibangun dulu masjid ini, tajug ini dibangun agar disini ada kehidupan, ada aktifitas, dan memanfaatkan tajug ini untuk kepentingan ibadah dan kegiatan diskusi lain. Saya berharap Tajug Tri Tangtu ini dapat digunakan oleh semua oleh Guru yang datang kesini, masyarakat setempat dan tentu harus kita jaga kebersihannya. Setelah persemian ini kita lanjutkan dengan shalat jumat bersama disini. Dengan mengucapkan bismillah hirohmanirohim Tajug Tri Tangtu ini kita Resmikan," begitu paparnya. (NC/Red)



Senin, 03 Jan 2022, 18:58:15 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 301 View
APEL PERDANA 2022 : PURWANTO OPTIMIS DISDIK MAMPU BANGUN PERADABAN
Minggu, 02 Jan 2022, 18:58:15 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 213 View
PENGANUGERAHAN DUTA LITERASI 2021, KADISDIK APRESIASI KREATIFITAS GURU
Rabu, 29 Des 2021, 18:58:15 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 550 View
10 NOMINASI WEB SEKOLAH PURWANTO : MASA DEPAN MEMBUTUHKAN KREATIFITAS DAN INOVASI

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE