Purwanto Jadi Narasumber Kampanye Sekolah Sehat Kemendikbud

Kamis, 20 Jul 2023 | 17:53:32 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 715


Purwanto Jadi Narasumber Kampanye Sekolah Sehat Kemendikbud
   

Purwakarta, (20/07/2023) - Sekolah sehat merupakan upaya kemendikbudristek bersama dengan pemangku kepentingan pendidikan untuk menghadirkan generasi muda yang sehat, kuat, dan cerdasa berkarakter. Kampanye ini merupakan upaya mewujudkan Sehat Bergizi dan Sehat Imunisasi sehingga derajat kesehatan siswa Indonesia makin meningkat dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Pendidikan Purwakarta yang mendapat apresiasi yang luar biasa dari Kemendikbudristek karena inovasi pendidikan karakternya mendapat kesempatan untuk ikut mengkampayekan Sekolah Sehat pada Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar “Menyambut Tahun Ajaran Baru Bersama Sekolah Sehat” pada hari Kamis, 20 Juli 2023. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu narasumber dalam kampanye tersebut.

Purwanto dalam paparannya mengatakan bahwa penerapan sekolah sehat sudah diterapkan sejak tahun 2015 melalui Perbup Nomor 69 tentang Pendidikan Berkarakter pasal 13 - 18 tentang kewajiban membawa makanan/minuman ke Sekolah sebagai pembiasaan membawa makanan dan minuman dari rumah ke sekolah sebagai pembiasaan hidup sehat dan hemat.

“Sekolah sehat sesungguhnya sesuatu yang wajib. Ini adalah upaya Dinas Pendidikan Purwakarta untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan peserta didik yang sehat jasmani. Membawa bekal ke sekolah dan tidak diperkenanankan untuk jajan adalah energi baru untuk menggelorkaan sistem kehidupan yang sehat termasuk mengkonsumsi makanan sehat yang dibawa dari rumah dan sekolah yang diharuskan menata lingkungan sehat. Membawa bekal makanan dan tumbler ke sekolah juga diterapkan dari mulai anak-anak mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah” ujar Purwanto dalam paparannya.

Masih menurut Purwanto, Sekolah-sekolah di Purwakarta sudah mempunyai panduan untuk melakukan kebijakan lokal baik itu melalui kebijakan lokal 7 Poe Atikan, TdBA, Sekolah Ramah Anak dan semuanya ada nilai-nilai kesehatan pada kebijakan tersebut termasuk perilaku pola hidup sehat dan bersih. Dinas Pendidikan juga banyak berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk mewujudkan sekolah sehat.

“Jika kita sekolah-sekolah tidak berupaya mewujudkan sekolah sehat, maka sepintar apapun, secerdas apapun kalau mereka tidak sehat maka sepintar apapun cerdas apapun jika tidak mempunyai jiwa yagn sehat maka tidak mempunyai makna dalam kehidupannya. Mari kita wujudkan sekolah-sekolah sebagai tempat membangung anak-anak yang sehat baik secara fisik, secara mental maupun secara sosial”demikian kalimat penutup dari Purwanto (MH/Red.)



Rabu, 19 Jul 2023, 17:53:32 WIB Oleh : Mira Habibah 1229 View
Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Kabupaten Tahun 2023, Kecamatan Purwakarta Juara!
Selasa, 18 Jul 2023, 17:53:32 WIB Oleh : Mira Habibah 571 View
MPLS Hari Kedua: SMPN 1 Bungursari Lakukan Membaca Senyap
Selasa, 18 Jul 2023, 17:53:32 WIB Oleh : Mira Habibah 743 View
MPLS SMPN 10 Ajak Semua Realisasikan, CERDAS!

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE