Presidensi G20 Nadiem : Pandemi Covid 19 Mengubah Sistem Pendidikan Dunia

Jumat, 18 Mar 2022 | 15:18:43 WIB - Oleh Nurdin | Dibaca 1121


Presidensi G20 Nadiem : Pandemi Covid 19 Mengubah Sistem Pendidikan Dunia
   

 

disdik.purwakartakab.go.id--Di pertemuan presidensi G-20, Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Nadiem Makarim menegaskan bahwa pandemi COVID-19 mengubah pendidikan dunia. Karena itu, penting kerjasama semua pihak agar efek disrupsi pandemi terhadap dunia pendidikan dapat bertransformasi ke arah positif.

Dilansir dari laman kemendikbud.go.id, pernyataan tersebut disampaikan pada pertemuan First Meeting Education Group (EdWG), Rabu (17/03). Pertemuan tingkat dunia ini dihelat  selama tiga hari, 16-18 Maret 2022. 27 delegasi anggota negara G-20 hadir langsung ke lokasi. Sementara, 64 delegasi lain dari G-20 hadir secara daring. 

Dalam paparannya,  Nadiem menegaskan bahwa pandemi COVID 19 telah mendisrupsi dan menggangu pendidikan secara global. Hal demikian jelas berdampak terhadap ratusan juta anak di dunia. 

"Karena kesejahteraan dan kemakmuran masa depan kita bergantung pada anak-anak kita, maka bersama-sama kita harus membawa perubahan mendasar dalam sistem pendidikan kita dan menjadikan pembelajaran menjadi semakin relevan dengan tantangan di abad ke-21 ini," ucap dia seperti dilansir pada laman resmi kemendikbud.

Nadiem Makarim pun mengajak semua pihak untuk bertindak lebih nyata dalam menghadapi tantangan global di dunia pendidikan maupun di sektor lain, seperti kesehatan dan lingkungan. 

"Selama ini, kita semua belum berupaya dengan maksimal. Cara hidup kita belum cukup berkelanjutan, belum cukup tangguh, belum cukup berkeadilan untuk menghadapi tantangan berikutnya di masa depan," tutur dia.

Karena itulah dalam momentum Presidensi G20 ini, Indonesia mengajak negara-negara anggota G20 untuk memperkuat kolaborasi yang telah dikerjakan selama 2 tahun terakhir demi mewujudkan masa depan pascapandemi yang lebih adil, tangguh, dan berkelanjutan. 

"Sejarah kemerdekaan Indonesia kental tertanam dengan nilai gotong royong atau saling membantu dan mendukung untuk mencapai tujuan bersama, sesuai dengan tema Presidensi G20 tahun ini, Recover Together, Recover Stronger atau Pulih Bersama," ungkapnya. (Wid/Kemendikbud/Kmps)



Selasa, 15 Mar 2022, 15:18:43 WIB Oleh : Nurdin 1207 View
PELAJAR SDN PASAWAHAN KIDUL RAIH EMAS DI AJANG OLIMPIADE SAINS NASIONAL
Jumat, 11 Mar 2022, 15:18:43 WIB Oleh : Nurdin 1852 View
Resensi Buku : Transmigrasi dan Kapitalisme

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE