PERTEMUAN MGMP AKPK : ULAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEARIFAN BUDAYA LOKAL

Minggu, 21 Agu 2022 | 08:32:43 WIB - Oleh Nurdin | Dibaca 1179


PERTEMUAN MGMP AKPK : ULAS  IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEARIFAN BUDAYA  LOKAL
   

disdik.purwakartakab.go.id--MGMP AKPK menggelar pertemuan di Pondok Pesantren Daaar- El Ilmi, belum lama ini. Hadir lebih dari 50 Guru AKPK lintas agama.


Kepala Bidang GTK - Disdik Purwakarta, Dodi Winandi hadir di kesempatan tersebut mewakili  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto.


Dalam paparannya, ia mengulas implementasi Kurikulum Merdeka. Ia menjelaskan, satuan pendidikan dapat menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta. 


"Guru AKPK harus memilik Projek Besar dalam lingkungan sekolah sehingga menjadi pembeda yang berdampak pada semangat dan nilai Karakter Pendidikan Purwakarta  sesuai dengan kearifan lokal atau karakteristik melalui tiga opsi secara fleksibel. Pertama, mengembangkan muatan lokal menjadi mata pelajaran sendiri; kedua, mengintegrasikan muatan lokal ke dalam seluruh mata pelajaran; dan ketiga, melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila," runutnya.


Kurikulum lokal itu, sambungnya, harus dimaksimalkan. Sebab, selain merefleksikan ke-khas-an identitas lokal, kurikulum tersebut juga menjadi kebanggaan (pride) lokal.

“Jadi, ada rasa bangga dengan potensi lokalnya, bisa mengembangkannya dan mengeksplornya, bahkan anak-anak bisa mengglobal dengan keunggulan lokal yang enam karakter dalam profil pelajar Pancasila. Di dalam profil pelajar Pancasila, enam karakter itu masuk dengan apa yang kami cita-citakan di daerah. muatan lokal tersebut akan dilakukan dengan sinergitas karena kearifan lokal berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," demikian ulasnya. (NC/Wid)



Selasa, 16 Agu 2022, 08:32:43 WIB Oleh : Nurdin 905 View
Dinas Pendidikan Bagikan 6 Ribu Bendera Merah Putih
Senin, 15 Agu 2022, 08:32:43 WIB Oleh : Nurdin 1166 View
SK Kemendikbud RI : Berikut Jenjang Sekolah Yang Dinyatakan Lulus Sekolah Penggerak
Senin, 15 Agu 2022, 08:32:43 WIB Oleh : Nurdin 952 View
Menumbuhkan Kecintaan Anak pada Buku dan Kegiatan Membaca

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE