Pentingnya 6 Fondasi Pendidikan Sebagai Bagian Transisi Paud Ke SD

Kamis, 08 Jun 2023 | 14:25:19 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 5407


Pentingnya 6 Fondasi Pendidikan Sebagai Bagian Transisi Paud Ke SD
   

Purwakarta, (8/6/2023) - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto dalam sambutannya saat membuka kegiatan pembinaan IGTKI Purwakarta hari Rabu, 7 Juni 2023 di Aula SKB Purwakarta mengingatkan tentang pentingnya 6 (enam) dasar fondasi pendidikan sebagai bagian dari Penguatan Transisi PAUD ke SD. Membangun fondasi pendidikan tersebut merupakan bagian dari kebijakan yang diterapkan sejak tahun ajaran baru 2023/2024 yang diharapkan dapat mendorong proses transisi PAUD ke SD menjadi lebih menyenangkan terutama bagi peserta didik sebagai objek utama.

Dikutip dari laman Itjen Kemendikbud (www.itjen.kemendikbud.go.id) bahwa proses keenam fondasi ini perlu dikuasai oleh anak dan diajarkan oleh satuan pendidikan serta dibangun secara berkelanjutan dari PAUD hingga SD agar anak tidak memiliki persepsi bahwa sekolah hanyalah belajar mengenal calistung, tetapi juga mendapatkan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Enam fondasi dasar pendidikan tersebut antara lain:

  1. Mengenal nilai agama dan budi pekerti

Melalui kemampuan mengetahui kegiatan ibadah sesuai agamanya dan nilai-nilai agamanya serta mampu menjalin interaksi yang baik dengan temannya.

  1. Matang Kognitif

Kemampuan anak menyimak dan menyampaikan gagasan sederhana ataupun memahami kosakata waktu. Mengajarkan anak berhitung dan membaca tapi dengan cara yang menyenangkan.

  1. Matang Emosi untuk kegiatan di lingkungan belajar

Kemampuan mempertahankan perhatian untuk mengikuti kegiatan di kelas dalam waktu yang pembelajaran yang sudah ditentukan. Anak-anak belajar mengolah emosi pada berbagai situasi di lingkungan belajarnya.

  1. Keterampilan sosial

Seperti pembelajaran kemampuan mengucapkan permintaan maaf, terima kasih, salam ataupun mengucapkan tolong saat meminta bantuan. Sekolah mengajarkan anak gotong royong serta berkomunikasi yang baik.

  1. Belajar yang menyenangkan dan positif

Anak-anak mau mencoba kembali jika melakukan kesalahan, memiliki keingin-tahuan dengan mengajukan pertanyaan serta sangat senang jika datang dan belajar di sekolah.

  1. Keterampilan motorik dan perawatan diri untuk belajar mandiri

Seperti kemampuan menjaga kebersihan diri dan mampu mengelola barang pribadi. (MH/Red.)



Rabu, 07 Jun 2023, 14:25:19 WIB Oleh : Mira Habibah 914 View
Purwanto Berikan Arahan Pada ASAD 313 Jaya Perkasa
Selasa, 06 Jun 2023, 14:25:19 WIB Oleh : Nurdin 546 View
GERAKAN ORKESTRASI EKOLOGI SPIRIT PERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA
Senin, 05 Jun 2023, 14:25:19 WIB Oleh : Mira Habibah 784 View
Sebanyak 33 Guru Penggerak Angkatan 5 Ikut Uji Kompetensi Pengawas

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE