Pelaksanaan PPDB Jalur Afirmasi di SMPN 5 Purwakarta Lancar dan Sukses

Jumat, 31 Mar 2023 | 14:19:28 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1107


Pelaksanaan PPDB Jalur Afirmasi di SMPN 5 Purwakarta Lancar dan Sukses
   

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai dilaksanakan sejak 13 Maret 2023. PPDB dilaksanakan secara non diskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, mudah, lancar demi tersalurnya semua calon peserta didik baru pada setiap jenjang pendidikan baik negeri maupun swasta;

Untuk Pelaksanaan PPDB SMP mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Maret s.d 31 Maret 2023 dengan pendaftaran jalur Afirmasi. Untuk diketahui pelaksanaan PPDB dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi.

Kuota Afirmasi adalah besaran presentasi calon peserta didik yang akan diterima berdasarkan peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. Satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dapat menerima calon peserta didik Kuota Jalur afirmasi paling banyak 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah untuk PPDB SD dan SMP.

Jalur afirmasi sebagaimana dimaksud pada Perbup No. 62 Tentang Pedoman PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 pada ayat (1) diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas. Peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam zonasi sekolah yang bersangkutan.

Sedangkan persyaratan jalur afirmasi yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu sebagaimana dimaksud dalam perbup tersebut adalah peserta wajib mempunyai bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah dan surat pernyataan orang tua/wali peserta didik yang menyatakan bersedia diproses secara hukum jika terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu.

Pelaksanaan PPDB Jalur Afirmasi di SMP Negeri 5 Purwakarta

Menurut Anton Efendi, M.Pd ketua pelaksana PPDB SMPN 5 Purwakarta, terhitung dari hari senin tanggal 27 Maret 2023 sampai dengan 31 Maret 2023 jam 11.00, untuk kuota afirmasi SMPN 5 Purwakarta dari kuota 48 siswa yang sudah terisi dan valid datanya sebanyak 35 orang yang dibuktikan dengan bukti-bukti valid seperti KIP, KKS, PKH, dan satu lagi KIS berkode yang merupakan KIS penerima bantuan pemerintah. Jika tidak memiliki semua persyaratan itu dibuktikan dengan buku tabungan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Untuk kendala selama proses pendaftaran jalur Afirmasi, Menurut Bapak Anton adalah sering tidak sinkronnya titik koordinat yang diambil dari KK karena kesalahan teknis. Selain itu kurangnya pemahaman para orang tua yang mempunyai anggapan bahwa salah satu persyaratan jalur afirmasi salah satunya bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Biasanya panitia PPDB SMPN 5 Purwakarta menghubungi orang tuanya. Sebagian besar pendaftar berasal dari sekolah dasar terdekat dan jika tidak dibantu oleh panitia dari SD, Panitia PPDB SMPN 5 Purwakarta yang berjumlah 10 orang siap membantu orang tua untuk konsultasi atau melakukan pendaftaran.

Menurut Kepala SMPN 5 Purwakarta, Ibu Hj. Neneng M. Fatimah, S.Pd, M.Pd untuk PPDB SMPN 5 Purwakarta menerima total siswa 332 orang dengan jumlah 10 kelas. Harapannya mudah-mudahaan kegiatan PPDB di SMPN 5 Purwakarta berjalan baik dan lancar sesuai dengan pedoman pemerintah. (MH/Red.)



Kamis, 30 Mar 2023, 14:19:28 WIB Oleh : Mira Habibah 899 View
Beas Kaheman : Motivasi Peserta Didik SMPN 9 Purwakarta untuk Berbagi
Rabu, 29 Mar 2023, 14:19:28 WIB Oleh : Mira Habibah 810 View
Ramadhan Bukan Penghalang Peserta Didik SMPN 6 Purwakarta Melaksanakan 7 Poe Atikan
Rabu, 29 Mar 2023, 14:19:28 WIB Oleh : Mira Habibah 1533 View
TK Pembina, Satu-Satunya TK Negeri di Kecamatan Purwakarta

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE