MPLS Hari Kedua: SMPN 1 Bungursari Lakukan Membaca Senyap

Selasa, 18 Jul 2023 | 18:27:37 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 581


MPLS Hari Kedua: SMPN 1 Bungursari Lakukan Membaca Senyap
   

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi momentum awal bagi para peserta didik baru untuk mengenal lingkungan sekolahnya, kelasnya, civitas sekolah, ekstrakurikuler dan tentu saja teman-teman yang baru. 

Berbagai kegiatan dilakukan oleh sekolah demi terciptanya kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik baru termasuk yang dilakukan oleh SMPN 1 Bungursari. Di hari kedua MPLS, sekolah yang dikenal karena ekskul Ecoprint melaksanakan kegiatan Literasi bagi peserta didik baru. 

Pada kegiatan literasi tersebut, siswa diharuskan membawa buku cerita dan kemudian secara bersama-sama di lapangan membaca buku secara senyap dalam waktu 15 menit. Setelah membaca, peserta didik diminta tampil untuk menceritakan isi buku yang dbacanya. Jika berani tampil, peserta didik tersebut mendapatkan snack berupa cokelat. Pemilihan metode membaca senyap agar peserta didik lebih bisa konsentrasi dan mampu menyerap dari apa yang dibacanya.

Menurut Kepala SMPN 1 Bungursari, Ir. Wawan Setiawan, kegiatan literasi ini bertujuan agar peserta didik bisa berani tampil di depan teman-temannya. Selain itu dengan membaca, diharapkan anak bisa memiliki sifat kritis.

"Literasi yang diajarkan oleh guru-guru SMPN 1 Bungursari tidak hanya membaca buku tetapi juga membaca lingkungan, situasi dan kesempatan. Literasi sangat penting karena jika literasi tidak berjalan maka numerasi nya pun tidak akan berjalan sementara generasi sekarang harus mampu bersaing dengan dunia luar" demikian menurut Wawan. (MH/Red.)



Selasa, 18 Jul 2023, 18:27:37 WIB Oleh : Mira Habibah 755 View
MPLS SMPN 10 Ajak Semua Realisasikan, CERDAS!
Senin, 17 Jul 2023, 18:27:37 WIB Oleh : Mira Habibah 726 View
MPLS, Irma Silviani: Semoga Menyenangkan Dan Ilmunya Berkah
Senin, 17 Jul 2023, 18:27:37 WIB Oleh : Mira Habibah 633 View
Upacara Pembukaan MPLS SMPN 5 Purwakarta Diikuti Orang Tua Murid

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE