Metode Guessing Game dalam Pembelajaran Descriptive Text Meningkatkan Kemampuan berbicara Siswa

Rabu, 27 Mar 2019 | 10:26:27 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 11510


Metode Guessing Game dalam Pembelajaran Descriptive Text Meningkatkan Kemampuan berbicara Siswa
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Ada empat komponen terpenting dalam mengajarkan bahasa Inggris yaitu berbicara (speaking ) , menulis (writing), mendengarkan (listening) dan membaca (Reading). Kesemua aspek dalam Bahasa Inggris tersebut membutuhkan pengajaran yang  menyenangkan supaya dengan mudah mengajarkan kepada siswa.

Speaking bagi kebanyakan orang dianggap keterampilan paling sulit karena meliputi banyak aspek dari kemampuan berbahasa inggris antara lain pronunciation, listening, grammar dan vocabulary sekaligus (Yanto,2015). Namun sesungguhnya yang diperlukan hanyalah keberanian dan motivasi yang besar untuk bisa berbicara bahasa inggris.

Metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk belajar bahasa inggris sangatlah beragam. Berbagai cara dan metode bisa dilakukan untuk mempelajari bahasa inggris. Tidak ada batasan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Seorang guru juga harus memiliki keahlian untuk memikat murid dalam mempelajari materi yang diajarkan. Seorang guru juga harus menentukan tujuan yang tepat dalam proses belajar mengajar supaya dalam proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan terarah.

Sehingga dengan metode yang beragam dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan senang untuk mengikuti proses belajar mengajar. 

Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk melibatkan siswa dalam aktifitas pembelajaran adalah metode permainan.

guessing game adalah sebuah permainan yang mana seseorang harus menebak sesuatu yang telah diberi petunjuknya.

Guessing game adalah sebuah permainan yang mana individu atau sebuah tim mencoba menjawab sebuah pertanyaan yang telah diberi beberapa kata kunci yang berkaitan dengan kata tersebut.

Ini dapat memberi kesempatan bagi murid yang malu dan merasa kurang aktif untuk turut belajar melalui permainan sehingga mereka akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Oleh sebab tersebut  saya mencoba menggunakan metode guessing game yang akan diterapkan dalam pembelajaran teks descriptive menggunakan metode guessing game untuk merangsang kemampuan berbicara siswa, sehingga berani untuk berbicara sekaligus meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Descriptive text adalah jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan benda, tempat, manusia, hewan, dan lain-lain. Tujuan komunikatif dari teks ini adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri benda, tempat, dan mahluk hidup tertentu.

                Generic stucture dari teks deeskriptif adalah identification, description.

Untuk pembelajaran ini yang akan diambil yaitu deskripsi tentang binatang. Dan penulis mengambil judul Penggunaan metode guessing game dalam pembelajaran Descriptive Text untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Oleh sebab tersebut  saya mencoba menggunakan metode guessing game yang akan diterapkan dalam pembelajaran teks descriptivemenggunakan metode guessing game untuk merangsang kemampuan berbicara siswa, sehingga berani untuk berbicara sekaligus meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

B.            Langkah – langkah kegiatan pembelajaran:

              a.            Menyiapkan materi yang akan di ajarkan.

              b.            Memberi sedikit ice breaking untuk mendapatkan perhatian siswa.

            c.             Memancing siswa dengan beberapa pertanyaan guna memancing siswa berbicara dan mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam bahasa Inggris. Setelah selesai melakukan pemanasan tersebut maka guru mengetahui keadaan siswa.

              d.            Pada pertemuan sebelumnya siswa sudah diberi bekal tentang penjelasan descriptive text, tentang menjelaskan binatang.

              e.            Guru Menjelaskan Kembali tentang materi descriptive, sebelum memulai permainan.

              f.             Sebelum memulai guessing game guru membagi mereka menjadi kelompok. Setelah itu, guru menjelaskan guessing game.

            g.            Meminta satu perwakilan masing-masing kelompok untuk berdiri di depan menghadap anggota kelompoknya. Siswa yang berdiri ini tidak boleh menoleh ke papan tulis.

             h.            Tulis satu kata binatang

             i.              Minta anggota kelompok menyebutkan ciri ciri dari binatang tersebut.

             j.             Beri kesempatan anggota kelompok yang berdiri di depan kelas menebak binatang yang dimaksud.

             k.            Siswa yang dapat menebak pertama kali dan jawabannya benar, mendapat skor untuk kelompoknya.

             l.              Minta anggota lain untuk bergantian berdiri, lakukan seperti prosedur sebelumnya.

 

C.            Manfaat

                Dengan menggunakan metode guessing game manfaatnya adalah:

                1.            Siswa merasa lebih rileks dalam mengikuti pelajaran sehingga akan mudah masuk pelajaran tersebut.

                2.            Dengan menggunakan game akan menstimulus siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

                3.            Dengan menggunakan game akan lebih menyenangkan buat siswa.

                4.            Memperkaya kosakata bahasa inggris siswa.

D.            Kesimpulan

Menggunakan game di pembelajaran bahasa inggris, siswa mendapatkan ketertarikan tersendiri dalam belajar. Game memberikan pengaruh untuk meningkatkan minat serta motiavasi siswa untuk belajar bahasa inggris. Serta menstimulus siswa untuk berbicara bahasa inggris sehingga akan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris.

di tulis oleh : Nurhayati, S.Pd. (Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris SMP Negeri 6 Purwakarta)



Rabu, 27 Mar 2019, 10:26:27 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1733 View
Mengumumkan dengan Bahasa Inggris Memang Asyik
Rabu, 27 Mar 2019, 10:26:27 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1109 View
Sekilas Tentang Perpustakaan
Rabu, 27 Mar 2019, 10:26:27 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 5857 View
MENYOAL WACANA ASESMEN KOMPETENSI SISWA INDONESIA (AKSI) PENGGANTI UN

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE