Mengumumkan dengan Bahasa Inggris Memang Asyik
(Mengajarkan teks pengumuman dengan model Numbered-Head Structure)

Rabu, 27 Mar 2019 | 10:21:18 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 3700


Mengumumkan dengan Bahasa Inggris Memang Asyik
   

Siswa menghadapi kendala saat mengungkapkan ide dalam bentuk pengumuman lisan dalam bahasa Inggris? Sudah saatnya guru mencoba model numbered-head structure berikut ini.

disdik.purwakartakab.go.id -- Bagaimana rasanya bila kita tidak bisa berbicara Bahasa Inggris lalu tiba-tiba guru menyuruh kita untuk menyampaikan pengumuman dalam bahasa Inggris dan pada saat yang bersamaan kita tidak memiliki kemampuan merancang teks pengumuman apalagi menyampaikannya dalam bahasa Inggris.

Hal inilah yang mendasari perlunya solusi yang terbaik dan efektif bagi siswa yang mengalami kesulitan di atas. Saya mencoba melakukan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris pada materi teks fungsional bentuk pengumuman menggunakan model Numbered-Head Structure melalui 3M yaitu Menyalin (mengembangkan ide situasi), Merancang draft pengumuman dan Menyampaikan pengumuman secara lisan.

Yang menjadi alasan mengapa menggunakan model Numbered-Head Structure pada materi ini adalah karena model ini mampu menciptakan aktifitas siswa belajar secara kolaboratif, komunikatif, berfikir kritis dan kreatifitas.

Untuk merancang model pembelajaran ini diperlukan beberapa persiapan diantaranya:

  • Membuat kartu bernomor (1,2,3) sebanyak jumlah siswa setiap kelas.
  • Membuat format lembar kerja kelompok sebanyak jumlah kelompok setiap kelas.
  • Merancang bahan ajar dan media yang menarik minat dan antusias belajar semua siswa.
  • Menyiapkan bahan dan alat tulis lainnya sesuai kebutuhan.

Walaupun persiapan yang dilakukan cukup menyita waktu dan tenaga, tetapi proses pembuatanya hanya cukup sekali dan produk yang dihasilkan dapat digunakan berkali-kali bahkan dapat digunakan untuk menyajikan materi lainnya.

Permasalahan yang menjadi pertimbangan dalam menyajikan materi ini adalah kurangnya kemampuan siswa mengembangkan kosa-kata (vocabulary) oleh karena itu dalam penyajian materi, semua siswa dilibatkan dalam aktifitas pembelajaran tidak hanya aktifitas audio dan visual tetapi aktifias motoriknya juga dimunculkan termasuk melatih keberanian dalam berinteraksi dan menyampaikan ide.

Pada proses pembelajaran, pertama-tama siswa menyimak beberapa model pengumuman yang biasa disampaikan secara lisan terkait dengan kegiatan sekolah atau yang lainnya.

Bahan ajar disajiakan melalui media slide power point, siswa mempelajari beberapa contoh pengumuman secara lisan dan tulisan. Mereka merespon pengumuman ini dengan cara menjawab pertanyaan tentang isi pengumuman. Ternyata mereka bisa dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Selanjutnya siswa secara berkelompok yang terdiri dari 3 orang mendapat kartu bernomor dengan tugas yang berbeda dimana kartu nomor 1 bertugas menyalin situasi yang diberikan, kartu nomor 2 bertugas merancang draft pengumuman dan kartu nomor 3 bertugas menyampaikan pengumuman secara lisan dengan jelas. Mereka mengerjakan soal atau situasi yang berbeda yang disajikan oleh guru. Selanjutnya siswa dari perwakilan kelompoknya mempresentasikan hasil pekerjaannya berupa pengumuman suatu kegiatan.

Sedangkan kelompok lain memberi tanggapan. Setiap perwakilan kelompok yang berhasil menyampaikan pengumuman dengan baik dan lancar mendapat hadiah berupa bintang yang ditempel di kertas hasil pekerjaannya dan dipajang di depan kelas.

Media slide power point yang digunakan

Setelah semua kelompok selesai melakukan presentasinya, mereka merotasi pembagian tugas sesuai dengan kartu bernomor dan dengan situasi yang berbeda serta pola pengerjaannya sama sehingga mampu membuat dan menyampaikan pengumuman yang beragam. Ternyata kegiatan ini membuat siswa tidak mengalami kendala lagi dalam mengungkapkan idenya bahkan mereka merasa keasyikan dalam menyampaikan pengumuman yang beragam secara lisan terutama dalam sesi presentasi.

Lokasi/alamat pelaksanaan praktik yang baik

 

:

SMP Negeri 1 Cibatu Purwakarta

Tingkat pendidikan

:

SMP/MTs

Lingkup pendidikan

:

Kelas

 

 

Masalah/Latar belakang – Mengapa praktik yang baik ini dianggap penting? Praktik ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah apa?

:

Siswa menghadapi kendala saat mengungkapkan ide dalam bentuk pengumuman lisan dalam bahasa Inggris secara formal / informal.

 

Tujuan praktik yang baik

 

:

 

Mengembangkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dalam bentuk pengumuman secara formal/ informal.

 

 

Penjelasan: strategi, proses/langkah kegiatan/sumber atau materi yang dibutuhkan

 

:

 

Merancang bentuk pengumuman melalui pembelajaran model numbered head structure yang terdiri dari langkah pengerjaan secara kolaboratif melalui 3M yaitu:

  • Menyalin (mengembangkan ide situasi);
  • Merancang draft pengumuman;
  • Menyampaikan pengumuman secara lisan.

 lisan.

Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik

:

Siswa menghasilkan berbagai teks pengumuman dan menyampaikan secara lisan.

Informasi pelaku dan/kontributor – nama dan alamat

 

:

 

 

 

 

 

Khairul Ikhsan

SMP NEGERI 1 CIBATU PURWAKARTA

 

 



Rabu, 27 Mar 2019, 10:21:18 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2844 View
Sekilas Tentang Perpustakaan
Rabu, 27 Mar 2019, 10:21:18 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 7383 View
MENYOAL WACANA ASESMEN KOMPETENSI SISWA INDONESIA (AKSI) PENGGANTI UN
Senin, 04 Mar 2019, 10:21:18 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 3550 View
ANTISIPASI SISWA KELAS AKHIR PUTUS SEKOLAH

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE