Mengenal TK Trisula Perwari, Terus Berinovasi Dalam Pembelajaran Usia Dini

Kamis, 11 Mei 2023 | 16:04:10 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1524


Mengenal TK Trisula Perwari, Terus Berinovasi Dalam Pembelajaran Usia Dini
   

Taman Kanak-Kanak (TK) seperti yang tercantum pada penjelasan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 28 Ayat (3) adalah suatu bentuk pendidikan yang diselenggarakan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Sedangkan menurut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0486/U/1992 Bab I Pasal 2 Ayat (1) dinyatakan bahwa “Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik sesuai dengan sifat-sifat alami anak.”

TK Trisula Perwari Purwakarta yang berlokasi di Jalan Siliwangi Purwakarta memahami betapa pentingnya tumbuh kembang anak usia dini. Karena itu diperlukan inovasi dalam pembelajaran untuk peserta didik seiring dengan implementasi kurikulum merdeka yang juga diterapkan di sekolah tersebut.

Menurut Kepala Sekolah TK Trisula Perwari Purwakarta, Hj. Lely Nurlaely, setiap perubahan kurikulum, sekolahnya senantiasa diikutinya dan mau tidak mau harus up to date. Di kurikulum merdeka, baik guru maupun siswa bisa berekspresi, berinovasi lebih jauh karena dibebaskan untuk memilih pelajaran apa yang membuat guru maupun siswa senang berkaitan dengan tema yang sudah ada.

TK Trisula Perwari yang berdiri sejak 1951 dan memiliki 4 guru tetap (3 PNS dan 1 honorer) hampir setiap  hari membuat pembelajaran yang inovatif sehingga peserta didiknya bisa mengenal dan belajar berbagai pembelajaran. Contohnya seperti mengenalkan makanan khas dari Purwakarta. Selain mengenalkan, peserta didik juga diajak untuk membuat makanan tersebut. Peserta didik juga diajarkan untuk membuat kerajinan yang terbuat dari kertas kado. Para peserta didik di TK Trisula Perwari mempunyai album atau portofolio yang berisi hasil karya anak-anak selama bersekolah dan dibagikan di akhir tahun.

Karena inovasi dalam pembelajaran yang beragam dan membuat anak lebih interaktif dan senang ketika belajar, maka pada perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, sekolah ini diberikan apresiasi sebagai Sekolah PAUD/TK Terinovatif.(MH/Red.)



Rabu, 10 Mei 2023, 16:04:10 WIB Oleh : Mira Habibah 872 View
Minyak Kletik, Produk Unggulan Terbaru SMPN 1 Pasawahan Purwakarta
Selasa, 09 Mei 2023, 16:04:10 WIB Oleh : Mira Habibah 993 View
OSN SD Kabupaten Purwakarta Tahun 2023, Ajang Latih Peserta Didik Yang Teruji Bidang Sains
Senin, 08 Mei 2023, 16:04:10 WIB Oleh : Mira Habibah 717 View
Apel Pagi, Sekolah dan Guru Harus Mengoptimalisasikan Akun Belajar.id

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE