Membina Iman Peserta Didik Hadapi Masa Pubertas

Selasa, 02 Agu 2022 | 15:37:47 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 101


Membina Iman Peserta Didik Hadapi Masa Pubertas
   


Oleh : Ida Kholidah

Masa pubertas yang bercirikan perubahan  perkembangan seorang dari segi fisik menjadi dewasa secara seksual merupakan masa yang rawan dalam perkembangannya karena masa remaja awal ini adalah masa transisi antara masa kanak-kanak menuju masa remaja. 

Puskesmas Bungursari menindaklanjuti penomena ini dengan program tahunan biasanya setiap bulan agustus bertandang mengunjungi sekolah-sekolah sekitar bungursari untuk memberikan penyuluhan kesehatan terhadap remaja. 

Selasa (02/08), UPTD SMPN 1 Bungursari menerima kunjungan rombongan ahli kesehatan dari Puskesmas Bungursari untuk duduk bersama dengan sebagian peserta didik putri kelas VII yang jumlahnya 76 orang yang difasilitatori oleh Pembina UKS Oliviana Fitriyani yang juga sebagai guru matematika. 

Berlaku sebagai narasumber Dr. Elisabeth Heslina dan Dr. Kheyti Stepani dengan tema Kesehatan Reproduksi yang diantaranya memaparkan tentang perubahan fisik pada  perempuan dan menstruasi dan reproduksi serta resiko kehamilan dini. Pesannya kepada peserta "Jangan sekali-kali melakukan hubungan suami istri karena beresiko tinggi". 

Materi reproduksi disambut antusias oleh peserta didik sebagai kegiatan awal. Dalam islam hubungan badan di luar nikah disebut zina yang hukumnya dosa.

Selanjutnya materi disampaikan oleh ahli gizi Maharani dengan tema Milenial Melek Gizi yang meliputi pembahasan remaja, gizi seimbang dan pengaturan diet. Penyampaian materi ini didampingi Dokter umum, Dr. Fariz Indra dan Dr. Rizki serta perawat Jonatin Fidyah dan Deden.

Materi ketiga tentang PHBS ( Perilaku Hidup Bersih di Sekolah ). Salah satu bidikannya adalah tentang larangan merokok dan obat-obat terlarang. Peserta didik mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan interaktif.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian tablet tambah darah sebagai pencegah anemia bagi perempuan. Pemberian tablet ini akan dilakukan secara berkesinambungan pada setiap hari rabu dipimpin oleh Pembina UKS Oliviana Fitriyani.

Sebagai penutup acara diakhiri oleh Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai penguatan karakter keimanan dalam rangka menghadapi masa pubertas hingga menjelang waktu dhuhur dan sholat berjamaah di Masjid Baitul Hikmah, tempat suci nan enuh hikmah UPTD SMPN 1 Bungursari.

Wallaahu a'lam 
Barakallah lanaa wa lakum



Senin, 01 Agu 2022, 15:37:47 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 105 View
Membanggakan! Siswa Purwakarta Lolos Ajang Tarung Sains Tingkat Nasional
Senin, 01 Agu 2022, 15:37:47 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 268 View
TAMPIL DI IHT SMPN 1 & 2 CIBATU, PURWANTO INGATKAN TEKNOLOGI ADALAH KEKUATAN
Sabtu, 30 Jul 2022, 15:37:47 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 176 View
Keluarga Besar Disdik Larut Dalam Pawai Obor Tahun Baru Islam

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE