Kelulusan LEANS 2024: Lahirkan Agen Transformasi Pendidikan di Purwakarta

Jumat, 07 Jun 2024 | 12:56:13 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 204


Kelulusan LEANS 2024:  Lahirkan Agen Transformasi Pendidikan di Purwakarta
   

Purwakarta, (07/06/2024) - Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan United in Diversity dan Self Learning Institute (SLI) telah berhasil dan sukses menyelenggarakan Program Leadership Education and Action Foundation for Sustainability (LEANS) dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka dan daring selama 6 minggu dimulai  sejak  bulan April hingga Mei 2024.  

Kelulusan pembelajaran dilaksanakan pada hari Rabu s.d. Kamis, 05 s.d. 06 Mei 2024 bertempat di Prime Plaza Hotel Purwakarta. Sebanyak 59 peserta aktor pendidikan yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan pejabat fungsional serta struktural di Kabupaten Purwakarta menghasilkan 10 proyek transformasi untuk menjawab kebutuhan dan tangan sistem pendidikan di Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan kelulusan dihadiri oleh Pj. Bupati Purwakarta, Benni Irwan, Drs. Suyoto Vice President UID, Cokorda Istri Dewi, Senior Advisor President UID, CEO Self Learning Institute (SLI) Mochamad Irvan Efrizal dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan bahwa pelatihan yang diselengarakan oleh UID sangat berbeda dengan kegiatan pelatihan yang lain karena ini menyangkut transformasi atau perubahan karena sejatinya kita perlu berubah dari waktu ke waktu dalam segala hal apapun untuk lebih baik.

Pj. Bupati berharap para peserta bisa menjadi agen perubahan yang akan memimpin transofrmasi pendidikan di Purwakarta. Transformasi yang mengharmonisasikan antara kebijakan pemerintah dan nilai-nilai lokal yang ada di kabupaten Purwakarta. Para peserta harus berani berpikir tidak biasa dan mulai berpikir untuk menjadi agen perubahan yang dituangkan ke dalam konsep dan kemudian mempertanggungjawabkannya. Bekal yang sudah didapat dari pelatihan diharapkan bisa melahirkan konsep-konsep baru dalam bentuk transformasi tersebut.

Vice President UID, Drs. Suyoto merasa salut dan bangga kepada para peserta yang berani mempercayakan kepada UID dan SLI padahal model training yang diberikan oleh UID sangat susah dijelaskan. Peserta berani untuk melihat kenyataan dan kemudian mempunyai cara baru untuk menghadapi masalah, cara kerja baru untuk menghimpun masalah baru, menghibur dan cara berkolasi baru. Perayaan yang diberikan kepada peserta sesungguhnya adalah merayakan keberanian, kesanggupan cara-cara baru dan berinovasi cara-cara baru di bidang pendidikan.

Drs. Suyoto berharap impact UID yaitu kseadaran dan intensii baru yang terus keterpanggilan, memilih cara kerja baru yang lebih baik dan impecful, dan jangan berhenti kecuali menciptakan projek-projek perubahan yang berdampak nyata bagi kehidupan bisa diterapkan oleh peserta. Apa yang dilakukan peserta untuk berani bertransformasi bisa memberikan harapan kepada Purwakarta, Indonesia dan dunia.

Mochamad Irvan Efrizal, CEO Self Learning Institute  memaparkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan transformasi ini adalah untuk mengaktualisasikan diri dan mendukung upaya transformasi pendidikan di Purwakarta untuk lebih berdampak. 1,5 bulan diharapkan dapat membentuk mental peserta untuk siap berkontribusi dalam mengaktualisasikan dan mengembangkan konsep-konsep pendidikan di Purwakarta.

Cokorda Dewi, dalam paparannya mengatakan bahwa dirinya melihat energi yang luar biasa pada diri peserta. Proses yang ditawarkan oleh UID ternyata bisa diterima dan dirasakan manfaatnya oleh para peserta. Menurut Dewi, mereka para peserta tidak hanya bertransformasi untuk dirinya sendiri tretapi juga untuk kelompoknya sehingga bisa menghasilkan sebuah aksi yang berdampak pada jangka Panjang.

Menurut Kadisdik, problematika yang saat ini dihadapi di bidang pendiidkan membuatnya terpacu untuk melakukan transforamsi perubahan untuk menyelesaikan masalah. Selama ini masalah pendidikan hanya tampak di permukaan saja padahal sesungguhnya harus diselesaikan dengan cara menganalisa sampai ke akar-akarnya dan membuat metntal model.

Pembelajaran LEANS yang diselenggarakan oleh UID dan SLI, ucap Kadisdik dapat membantu peserta untuk memperbaiki berbagai macam persoalan, memberikan kesempatan kepada peserta melakukan inovasi-inovasi sesuai kemampuan peserta, menyatukan niat, mengisi peserta dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman melalui co-sensing dan dibukakan untuk melihat segala sesuatu berdasarkan kapasitasnya.

Semua peserta mendapatkan sertifikat kelulusan yang diberikan langsung oleh Pj. Bupati dan kemudian tamu yang hadir diberikan kesempatan untuk mengunjungi setiap stand kelompok transormasi leans, mendengarkan paparan peserta LEANS dan mendapatkan beberapa souvenir menarik dari beberapa stand. (MH/Red.)



Jumat, 07 Jun 2024, 12:56:13 WIB Oleh : Mira Habibah 182 View
Menyapa Hari Ini, Menyambut Masa Depan
Rabu, 05 Jun 2024, 12:56:13 WIB Oleh : Mira Habibah 386 View
Perayaan Pembelajaran LEANS Disdik Purwakarta dan UID Tahun 2024 Resmi Gelar
Senin, 03 Jun 2024, 12:56:13 WIB Oleh : Mira Habibah 314 View
Survey Pelayanan Publik Disdik Purwakarta dan Ombudsman RI

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE