KADISDIK PURWANTO RESMIKAN ARBORETUM BAMBU LINUHUNG

Rabu, 25 Jan 2023 | 13:13:02 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 144


KADISDIK PURWANTO RESMIKAN ARBORETUM BAMBU LINUHUNG
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta Dr. H. Purwanto, M.Pd. bekerja dengan Self Learning Institute (SLI) melaksanakan giat Penanaman Bambu sekaligus meresmikan Arboretum Bambu Linuhung - Pusat Edukasi dan informasi Bambu Indonesia, di lingkungan SDN 2 Cikopo, Rabu (25/01). 

Gelaran kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh keluarga besar Dinas Pendidikan, Ketua Dewan. Camat Bungursari, Kepala Desa, Kepala Sekolah, Pengurus PGRI dan Guru serta Tim TdBA. 

Dalam sambutannya, Kadisdik Purwanto mengatakan sekolah ini sudah ditetapkan sebagai sekolah model berbasis konservasi bambu. “Disini akan di jadikan sekolah yang memiliki keunggulan, peserta didiinya memiliki wawasan tentang bambu. Kenapa harus bambu? Karena Bambu ibarat ‘Emas’ berwarna Hijau, banyak manfaatnya untuk kehidupan kita dan merupakan potensi di masa depan. Hari ini kita bersama akan tanam sebanyak 42 jenis bambu. Jumlah seluruhny ada 342 jenis bambu beragam berbagai jenis bambu dari seluruh dunia. Kedepannya semua jenis bambu yang ada di Indonesia kita akan tanam disini, selain menjadi pusat edukasi dan pusat informasi tentang bambu,” katanya. 

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa wilayah Cikopo adalah wilayah Kawasan Industri. Oleh karena itu, sambungnya,  memerlukan Oksigen dan tanaman pohon yang bisa menyerap carbon. 

“Maka diwilayah 1 hektare sekolah ini jika kita tanam bambu maka akan menyerap carbon sebanyak 35 Ton dalam 1 tahun, ini kan luar biasa,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu juga, Kadisdik Purwanto memberikan saran kepada bu kades dan pak kades serta camat bungursari agat memanfaatkan lahan marjinal lahan kosong untuk di tanam bambu demi menjaga keseimbangan lingkungan dan menyerap carbon yang dihasilkan perusahan. 

“Mari seluruh stakeholder yang berkepentingan di wilayah cikopo kita bergerak bersama mendorong dan mendukung program yang mulia ini untuk kelestarian lingkungan yang berkelanjutan adil dan harmoni,” demikian ungkapnya. (NC/Red)



Selasa, 24 Jan 2023, 13:13:02 WIB Oleh : Mira Habibah 87 View
FILOSOFI KANJUT KUNDANG
Kamis, 19 Jan 2023, 13:13:02 WIB Oleh : Mira Habibah 4999 View
PGRI RAPATKAN BARISAN DAMPINGI IBU YOYOS
Kamis, 19 Jan 2023, 13:13:02 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 374 View
Kadisdik Purwanto Tandatangani SK POKJA Layanan Aduan Resmi Disdik Purwakarta

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE