KADISDIK PURWAKARTA : HADIRNYA TEKNOLOGI HARUS DIMANFAATKAN DENGAN BAIK DAN BIJAK

Rabu, 23 Okt 2019 | 17:16:03 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1430


KADISDIK PURWAKARTA : HADIRNYA TEKNOLOGI HARUS DIMANFAATKAN DENGAN BAIK DAN BIJAK
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Direktorat jendral PAUD Dikmas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud.ri) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Bantuan Pembinaan Profesional PKG dan Gugus PAUD Tahun 2019, di Auditorium Hotel Ciwareng Inn, Rabu (23/10). 


Kepala Bidang PAUD Dikmas selaku Ketua Pelaksana kegiatan dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan diikuti peserta sebanyak 82 orang. 


Masih di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta (Kadisdik), H. Purwanto dalam sambutannya menyampaikan kebijakan Dinas Pendidikan dalam pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan. 


“Hadirnya Percepatan teknologi harus mampu dimanfaatkan dengan baik dan bijak, contohnya dengan mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi informasi.  Hadirnya teknologi informasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dibendung. Terlebih, karena banyak kemudahan yang timbul dari penemuan itu. Contohnya, jika kita ingin pesan makan ada di handphone, pesan mobil melalui aplikasi grab atau go-jek ada di HP. Semua yang kita inginkan ada dalam genggaman. Hal ini akan merubah perilaku dan kebiasaan manusia, sehingga tidak bisa tidak akan berdampak pada dunia pendidikan,” runutnya. 


Meski fenomena tersebut menjadi gambaran realitas yang ada saat ini, Kadisdik Purwanto tak luput menekankan kepada hadirin bahwa sekolah-sekolah jangan sampai meninggalkan warisan budaya tradisional. Diantaranya adalah permainan anak-anak. 

“Permainan ini menumbuhkan nilai-nilai sosial, Anak-anak PAUD harus di asah tidak hanya motorik. Anak-anak yang dihadapi bapak-ibu semua merupakan generasi milenial yg sudah dikelilingi teknologi. Sementara, kita ini ibarat imigran yang boleh jadi makin terasa asing dengan perkembangan yang terjadi. Generasi baru kita ini sudah biasa dengan perkembangan teknologi. Mereka sensitif dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Untuk itu, bapak-ibu harus mampu improvisasi. Harus inovatif,” katanya. 


Menutup sambutannya, Kadisdik Purwanto menyisipkan pesan moral bahwa puncak tertinggi dari pendidikan ialah cinta kasih. 
 

“Kita tidak boleh menapikan teknologi informasi. Tapi, di waktu yang bersamaan, kita juga tidak boleh meninggal kan nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini yangharus kita ajarkan kepada anak-anak, sehingga mereka bisa bijak menggunakan teknologi informasi,” demikian pesannya. (NC/Red)



Jumat, 04 Okt 2019, 17:16:03 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2666 View
HIMPAUDI PURWAKARTA GELAR RAKERDA, PROFESIONAL, MANDIRI DAN MENGAYOMI
Jumat, 04 Okt 2019, 17:16:03 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1842 View
DISDIK GELAR PASANGGIRI NGADONGENG UNTUK GURU PAUD
Kamis, 26 Sep 2019, 17:16:03 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1899 View
Disdik Gelar Dialog Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Lembaga Paud dan Dikmas

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE