KADISDIK JABARKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RAPAT PENGAWAS SE-PURWAKARTA

Jumat, 01 Feb 2019 | 10:51:57 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 2691


KADISDIK JABARKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RAPAT PENGAWAS SE-PURWAKARTA
   

Disdik.purwakartakab.go.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta, H. Purwanto menjabarkan kebijakan pendidikan berkarakter di hadapan para pengawas se-Kabupaten Purwakarta, Kamis (31/01), di aula SDN 2 Sindangkasih.

Dalam paparannya, dia merunut bagaimana gambaran pendidikan berkarakter di Purwakarta yang diterjemahkan dalam konsep "7 Poe Atikan Istimewa". Konsep tersebut, imbuhnya, sudah menjadi role model (teladan : Red) kebijakan pendidikan yang diterapkan di daerah lain di Indonesia. Bahkan, menjadi objek studi penelitian pendidikan oleh Perguruan Tinggi bergengsi di Indonesia.

KONSEP "7 POE ATIKAN ISTIMEWA"

Meski sudah banyak diketahui publik Purwakarta, hal tersebut tidak mengurangi niat Kadisdik Purwanto untuk menjelaskan secara rinci konsep "7 Poe Atikan Istimewa". 

Senén Ajeg Nusantara nétélakeun yén Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diwangun tina amparan bumi Nusantara nu mibanda kebeungharan rupaning kasang tukang, anu kedah janten dadasar pikeun ngawangun bangsa nu ajeg, maju, sareng beradab.

Salasa Mapag Buana Mibanda hartos nataharkeun diri mapag sumpingna peradában dunya anu sarwa modérn. kepala Dinas Pendidikan pun mendorong pendidikan abad 21, dimana hari ini tenaga pendidik harus mampu menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi. (IT) Mapag Buana. 

Rebo Maneuh di Sunda negeuskeun yén pituin urang Sunda kedah wanoh kana jati diri kasundaan, silih asih, silih asuh, silih asah sareng papadana jalmi.

Kemis Nyanding Wawangi, Kemis Welas Asih mangrupi lajuning tina Ajeg Nusantara, Mapag Buana, sareng Maneuh di Sunda. Murid undak kana hambalan nu langkung luhur, supados sayaga diajar tan kawatesanan, mikaharti kaéndahan hirup dugi ka lahir karancagéan dina rupi-rupi widang.

Jumaah Nyucikeun Diri mangrupi réfléksi tina prosés kagiatan sareng spiritual nu luyu sareng kaidah agama.

Sabtu-Minggu Betah di Imah ngaraketkeun hubungan kulawarga; indung, bapa, anak ngumpul ngariung, macangkrama, ngawangun kulawarga anu harmonis.

Vokasional itu salah satu program yang terintegrasi merujuk pada tematik sabtu minggu ‘Betah di imah’, artinya anak-anak bersatu dengan keluarganya, dengan orang tuanya, jika orang tua nya petani, maka anaknya pun di ajak bertani ke sawah, jika orang tuanya berjualan, maka anak nya pun di ajak berjualan.

INGATKAN PERAN & FUNGSI PENGAWAS

Di kesempatan itu pula, dia tak luput mengingatkan peran dan fungsi pengawas di dunia pendidikan. Dia mengananatkan para pengawas untuk membuat catatan terkait sekolah yang menjadi binaannya.

“Sangat penting bagi pengawas untuk membuat catatan-catatan sekolah binaannya," katanya.

Lebih lanjut, kadisdik menghimbau para pengawas dan kepala sekolah, agar terus  melaksanakan pembelajaran yang merujuk pada tematik Pendidikan Karakter di Purwakarta. (NC/Red)



Jumat, 14 Sep 2018, 10:51:57 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 304 View
FINLAND UNIVERSITY KAGUM KE SDN 1 CIWANGI
Senin, 10 Sep 2018, 10:51:57 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 5041 View
Keunikan 6 Tematik Sekolah di Purwakarta Hingga Sabtu – Minggu Betah di Imah
Minggu, 09 Sep 2018, 10:51:57 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 2235 View
Bantuan Dana Pelajar Purwakarta Untuk Lombok Resmi Diserahkan ke PR Grup

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE